Ingin Kuliah di PTS, Ini Perkiraan Biaya Setahun Pertama

Solopos.com, SOLO — Bagi kamu yang ingin kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) sebaiknya mulai menyiapkan dana agar tidak kerepotan. Biaya kuliah di PTS pada setahun pertama diperkirakan mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang reporter Solopos.com, Andri Kusuma Wardaningtyas, himpun di acara pameran pendidikan tinggi 2018 di aula SMA Pangudi Luhur St. Yosef, Jumat (19/10/2018) lalu, biaya kuliah pada tahun pertama PTS ada yang hanya Rp14,6 juta hingga Rp77 juta.

Biaya itu meliputi uang gedung hingga uang semester pada tahun pertama. Terdapat 23 stan pendidikan tinggi swasta di acara tersebut yang berasal dari berbagai kota di Indonesia, contohnya International Hotel Management School (IHS) Solo, Universitas Slamet Riyadi Solo,Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIE YKPN) Yogyakarta, dan lainnya.

Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo memiliki uang pangkal mulai dari Rp6juta, tergantung jurusannya. Untuk uang pendidikan per semester rata-rata Rp4,3juta.

Apabila dihitung dalam setahun pertama, mahasiswa harus mengeluarkan biaya Rp14,6juta. Mulai semester III, mahasiswa hanya dikenai biaya pendidikan per semester.

“Itu sudah dihitung jika mahasiswa mengambil 24 satuan kredit semester [SKS],” kata tim promosi dan penjaring mahasiswa Baru Unisri, Christabel Audrey.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang memiliki uang pangkal yang beragam pula. Yang terendah dari Jurusan D3 Perhotelan senilai Rp19,75juta sedangkan yang tertinggi dari Program Studi Desain Komunikasi Visual dan Film senilai Rp41juta di tahun pertama.

“Selebihnya bayar biaya per semester saja yang dimulai dari Rp11,3juta hingga Rp 17,9juta, tergantung program studi yang diambil,” kata bagian marketing UMN, Johannes Boro.

STIE YKPN memiliki sumbangan pengembangan akademik (semacam uang gedung) Rp16juta pada tahun pertama dan dapat dicicil empat kali dalam setahun. “Untuk semester III dan seterusnya dikenai SPP tetap Rp2,6juta dan biaya per sks Rp220.000,” kata petugas bidang keuangan, Giriantari.

IHS Solo memiliki dua strata yang ditawarkan yaitu D1 dan D3. Uang pendidikan D1 senilai Rp21,5juta hingga lulus sedangkan D3 senilai Rp46juta hingga lulus karena sistem perkuliahan sudah paket. “Sistem pembayaran dapat dicicil tiga bulan sekali,” kata Muhammad Viky, mahasiswa D3 Perhotelan yang berada di stan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom