SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Fira Basuki, perempuan kelahiran Surabaya 1972, ini lebih dikenal sebagai penulis baik itu berupa novel, kumpulan cerpen, buku serial anak-anak maupun biografi. Apa tip-tip menulis buku  yang menjadi best seller?

Ibu dua anak ini telah menghasilkan sedikitnya 27 buku. Dia mengatakan semua buku yang dirilisnya mendapatkan perhatian bagi pembaca. “Semua buku menjadi best seller,” kata Fira yang sering menulis pada malam hari dan sebelum Subuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam menulis buku tersebut Fira berbagi pengalamannya tentang tip-tip menulis buku:

1.    Menulis dari hati dan tidak terpaksa dan memaksa.

2.    Jangan punya kinginnan terselubung. Misalnya menulis buku ingin terkenal. Hal itu banyak dilakukan oleh penulis muda. Akibatnya menjadi stress, sehingga tidak bisa menulis, karena mempunyai tujuan tertentu.

3.    Menulis bisa untuk hiburan, ilmu, dan pengalaman.

4.    Jangan salah memilih penerbit.

Karya terbarunya berjudul Cerita di balik noda yang mendapatkan dukungan dari Rinso. Buku tersebut merupakan kumpulan dari 42 kisah inspirasi jiwa yang khusus didedikasikan untuk ibu dan anak Indonesia.  Lalu 38 cerita terilhami oleh cerita ibu-ibu Indonesia dan dia menambahkan empat cerita dari pengalaman pribadinya sendiri.

Lulusan sarjana journalism dari Pittsburg State Universiy dan  master public relations Wiichita State University, AS itu  mengakui lama menulis buku terbaru itu paling cepat dibandingkan dengan karya sebelumnya. Dia menulisnya dalam waktu tiga minggu.

Namanya mulai dikenal publik sejak terbit novel terilogi Jendela-jendela, Pintu dan Atap awal 2000. Lalu dilanjutkan dengan buku di antaranya, Biru, Rojak, Brownis, Cinta dalam sepotong roti, dan biografi Wimar Witoelar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya