Ingin Jadi Barista Kopi? Kuasailah 16 Materi Uji Kompetensi Ini

Untuk memenuhi standar kompeten di bidang peracik dan pembuat minuman berbahan dasar kopi, terdapat 16 unit kompetensi yang wajib dipenuhi seorang pramuracik (barista). Masyarakat harus benar-benar kompeten.

Ingin Jadi Barista Kopi? Kuasailah 16 Materi Uji Kompetensi Ini

SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat barista dalam menyeduh kopi di acara Ngopi Bareng di Taman Kelono Sewandono, Ponorogo, Sabtu (23/2/2019). (Istimewa-Pemkab Ponorogo)

Solopos.com, SOLO – Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kopi Indonesia Edy Panggabean menyampaikan, pihaknya selaku fasilitator Sertifikasi Profesi Barista yang digandeng Bekraf sejak 2016 lalu telah memfasilitasi kegiatan sejenis di 16 kota dan kabupaten, termasuk Solo.

“Saat ini ada 100 peserta yang ikut uji kompetensi dari 140 pendaftar yang telah kami seleksi. Dari 2.000 total peserta yang sudah ikut, 1.700 di antaranya lolos uji kompetensi,” jelas Edy.

Untuk memenuhi standar kompeten di bidang peracik dan pembuat minuman berbahan dasar kopi, terdapat 16 unit kompetensi yang wajib dipenuhi seorang pramuracik (barista). Masyarakat harus benar-benar kompeten.

Di Solo, uji kompetensi Sertifikasi Profesi Barista dilaksanakan selama dua hari, pada Selasa-Rabu (19-20/3/2019). Pada hari pertama, peserta dibekali materi dari 16 unit kompetensi oleh tim pemateri dari LSP Kopi Indonesia. Materi uji meliputi, menyiapkan dan menghidangkan minuman nonalkohol, mengelola bahan baku, mengelola peralatan dan perlengkapan, mengoperasikan peralatan, mengoperasikan bar, menangani pelanggan, berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar, bekerja sama dengan kolega dan pelanggan, mengelola area kerja, memutakhirkan pengetahuan tentang produk kopi, menangani situasi konflik, serta mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan tempat kerja.

Uji kompetensi dilaksanakan pada hari kedua dengan materi uji berupa wawancara, tes tertulis, observasi, demonstrasi, dan tes lisan. Sertifikasi tersebut berlaku selama tiga tahun pasca-peserta uji dinyatakan lulus dan kompeten. Setelah itu, dilaksanakan asesmen ulang dari lembaga penerbit sertifikasi.

Pegiat komunitas Karanganyar Coffee Society sekaligus perintis kedai kopi di Karanganyar, Dofi Meihantoro, menyampaikan sertifikasi profesi barista menjadi ajang menakar kapasitas diri.

“Saya ikut Sertifikasi Profesi Barista 2017 lalu. Ini buat menakar kapasitas diri. Terlebih buat barista yang bekerja ikut orang, pasti ada manfaatnya tersendiri,” jelasnya secara terpisah, Selasa sore.

Dofi menyampaikan sebagai pengelola kedai sekaligus tempat penyangraian biji kopi Dof Coffee, pihaknya tidak cukup mandek berproses selepas memegang sertifikat kompeten. “Kita justru perlu rajin ikut kelas kompetisi,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pantauan Kejari Karanganyar, Tak Temukan Penimbunan Obat

Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar terus melakukan pemantauan peredaran obat di Karanganyar sejak awal PPKM Darurat hingga PPKM Level 4.

PKL Solo Baru Sukoharjo Menjerit: Jalan Jangan Ditutup, Lampu Jangan Dimatikan!

Para PKL di kawasan Solo Baru Sukoharjo meminta pemerintah melonggarkan kebijakan penyekatan ruas jalan dan pemutusan aliran listrik lampu penerangan jalan.

Jokpro 2024 Terus Gerilya Jokowi Tiga Periode

Hasil survei SMRC pada Mei 2021 menyebut, 52,9 persen responden masih menginginkan Presiden Jokowi kembali menjabat.

Sosialisasi 4 Pilar, Aria Bima Upayakan Penyapu Jalan di Solo Divaksinasi

Aria Bima akan mengupayakan agar para penyapu jalan dan keluarganya di Solo segera mendapat vaksin Covid-19.

Alhamdulillaah, Indonesia Bakal Punya Hotel di Arab Saudi

Investasi berbentuk kepemilikan fasilitas akomodasi dan hotel di Arab Saudi untuk jemaah haji dan umrah Indonesia.

Solo PPKM Level 4, Bhayangkara FC Belum Putuskan Latihan

Para pemain belum akan dikumpulkan dalam waktu dekat menyusul aturan PPKM di Kota Solo.

Kisah Petani Cawas, Rela Tak Ke Sawah Demi Vaksinasi di Polres Klaten

Seorang petani asal Pakisan, Kecamatan Cawas, rela meninggalkan sawahnya demi mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar di Mapolres Klaten.

FKSPN Karanganyar Kembali Mediasi Pekerja dengan Perusahaan

Dari dua permasalahan yang diadukan sejak 2020 tersebut, muncul kesepakatan bersama terkait nominal pesangon yang diterima pengadu.

Mengecat Pesawat Terbang Tak Semudah Mengecat Gapura Buat Tujuhbelasan

Pengecatan adalah bagian dari proses perawatan karena selama beroperasi, pesawat akan terpapar suhu ekstrem, sangat dingin atau sangat panas.

Jadi Tersangka Aksi Bikini, Dinar Candy Dikenai Wajib Lapor

Dinar Candy terancam hukuman 10 tahun penjara.

Viral Polisi Bantu Pedagang Tua Jualan Koran di Gemblegan Solo, Netizen Terenyuh

Aksi polisi yang membantu pedagang berjualan koran di Solo terekam video viral di media sosial dan menuai pujian netizen.

Warga Terpapar Covid-19 di Wonogiri Ditempatkan di Isolasi Terpusat

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri sudah membuat satu tempat isolasi terpusat, yakni di Gedung PGRI Kecamatan Wonogiri.