Ingin Cepat Dapat Momongan? Berikut Nutrisi untuk Tingatkan Jumlah Sperma
Ilustrasi ayah dan anak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Bagi pasangan suami-istri yang ingin segera mendapat momongan, sangat penting untuk mulai memperhatikan nutrisi pada makanan. Bukan hanya wanita, pria juga harus memperhatikan nutrisi makanan. Memperhatikan nutrisi makanan akan membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria.

Berikut beberapa nutrisi yang baik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada laki-laki, yang dikutip dari Mid-day.com, Selasa (8/9/2020):

Seng (Zinc)

Kekurang zinc membuat hormon testosteron menjadi rendah sehingga berdampak pada kualitas sperma dan kesuburan. Selain itu, zinc adalah salah nutrisi pada makanan yang mudah rusak saat dimasak pada suhu tinggi.

Sumbangan Duka Pemakaman Anak Dipakai Pesta Bugil, Ibu Muda Ditahan

Agar zinc dalam makanan tidak rusak, setidaknya menyediakan 40% makanan yang dimakan dalam keadaan mentah. Makanan yang kaya akan seng dapat ditemui pada tiram, telur, udang, sapi, biji wijen, biji labu mentah,dan kacang hijau.

Asam Folat

Asam folat selalu dikaitakan dengan ibu hamil. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil, karena dapat mencegah terjadinya cacat dan pembentukan otak bayi.

Bukan hanya itu, asam folat juga merupakan nutrisi yang dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma pada pria. Pria yang kekurangan asam folat berisiko mengalami penurunan jumlah sperma atau kelainan sel.

Wadidaw! Baru Buka, SMKN 1 Tanon Sragen Cuma Diminati 46 Murid

Artinya, kelainan ini akan berisiko ibu mengandung bayi dengan kelainan, contohnya keguguran atau down sindrome. Asam folat dapat di temukan pada kacang hitam, bayam, kacang merah dan asparagus.

Vitamin B12

Terpenuhinya vitamin B12 dalam tubuh dapat meningkatkan jumlah sperma. Vitamin B12 dapat ditemukan dalam bentuk olahan daging atau susu. Vitamin B12 dalam makanan dapat rusak akibat proses memasak bersuhu tinggi. Memenuhi nutrisi B12 dapat dengan mengkonsumsi suplemen B12.

Vitamin C

Vitamin C dapat melindungi sperma dari stres dan kerusakan DNA, bahkan pada perokok. Selain itu, vitamin C dapat meningkatkan kualitas sperma. Vitamin C mudah ditemukan dalam buah-buahan seperti pepaya, stroberi, jeruk, kiwi dan brokolo.

Karnitian

Karnitian atau dikenal sebagai L-karnitin adalah asam amino, nutrisi yang dibutuhkan untuk sperma agar berfungsi normal. karnitian dapat ditemukan dalam asparagus, brokoli, bawang putih, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Arginina

Arginina adalah asam amino yang dikenal dapat meningkatkan volume air mani dan jumlah sperma. Cokelat hitam adalah sumber arginina yang sangat bagus. Namun, perlu diperhatikan agar tidak memakan berlebihan untuk menghindari obesitas yang juga dapat mempengaruhi kesuburan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom