Stadion Manahan dengan rumput standar FIFA (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO - Persis Solo belum bisa memastikan Stadion Manahan sebagai kandang mereka di kancah Liga 2 musim 2020. Jika seandainya bisa bermarkas di Stadion Manahan, Persis juga sudah siap-siap terkait kenaikan harga sewa.

Seperti diketahui, Stadion Manahan telah selesai direnovasi dan sempat dibuka untuk umum pada September 2019 lalu. Namun, status Stadion Manahan hingga kini masih dalam kewenangan Pemerintah Pusat. Persis sendiri baru bisa memakainya jika kewenangan sudah dialihkan ke Pemkot Solo.

Honda Hentikan Produksi Vario 110 cc

Meski belum pasti, Persis sudah ancang-ancang terkait harga sewa Stadion Manahan yang bakal naik mengingat fasilitasnya yang semakin membaik. Mantan Manajer Persis Solo yang kini masih diminta membantu Persis, Langgeng Jatmiko, Persis sudah bersiap dengan kenaikan harga sewa.

Selain biaya sewa, menurut informasi yang ia terima, penyewa juga harus menyediakan uang jaminan terlebih dahulu. Hanya saja, skema sewa itu masih digodok Pemkot Solo. “Persis siap membayar berapa pun asalkan bisa berkandang di Stadion Manahan. Sewanya jelas naik,” tutur Langgeng saat berbincang dengan Solopos.com di Lapangan Klumprit, Mojolaban, Sukoharjo, pekan lalu.

Sebelum renovasi, Manahan bisa disewa dengan biaya Rp22 juta untuk laga pada sore. Sedangkan pada laga malam hari, panitia pelaksana (panpel) harus menambah Rp6 juta. “Rp6 juta itu untuk biaya lampu stadion,” ungkap dia.

Musim lalu, Persis memilih Stadion Wilis Madiun sebagai kandang karena Stadion Manahan masih direnovasi. Di stadion ini, mereka dibebani biaya sewa senilai Rp15 juta per laga. Artinya, karena terdapat 10 laga kandang dalam satu musim, Persis membayar Rp150 juta kepada pengelola Stadion Wilis.

Miskin, Wanita China Makan Nasi Cabai 5 Tahun Hingga Meninggal

Pelatih Persis Solo, Salahudin, ingin Laskar Sambernyawa berlaga di Stadion Manahan lagi. Menurutnya, dukungan suporter jelas akan luar biasa sehingga mampu memompa semangat para pemain untuk bermain bagus.

“Kalau suporternya semangat, pemain juga pasti bersemangat,” kata dia saat ditemui Solopos.com di mes Persis di Karangasem, Laweyan, Solo, Senin (13/1/2020).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten