SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual-beli mobil bekas. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JAKARTA — Ketika akan membeli mobil, beberapa hal mungkin menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan jenis mobilnya, bisa dari segi tampilan, kecepatan mobil, atau dari segi keselamatan yang ditawarkan.

Fitur-fitur keselamatan yang dimiliki sebuah mobil akan menentukan tingkat keselamatan pengemudi dan penumpangnya ketika terjadi sebuah kecelakaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karena itu, memilih mobil yang memiliki fitur keamanan maksimal sangatlah penting untuk perlindungan Anda yang berlapis. Jika Anda sedang mencari mobil dengan fitur keamanan terbaik, berikut ini adalah hal-hal yang patut Anda pertimbangkan.

1. Forward Crash Warning

Beberapa mobil keluaran terbaru memiliki sistem Forward Crash Warning yang akan memberi peringatan apabila mobil Anda terlalu dekat dengan mobil di depan.

Dengan menggunakan sensor dan laser, mobil akan melakukan tindakan pencegahan apabila akan terjadi tabrakan dengan mobil di depan.

Selain itu, ada juga sistem Lane Departure Warning yang akan memperingatkan pengemudi apabila mobil secara tidak sengaja berpindah jalur.

Jika perpindahan jalur itu dirasa tidak aman, mobil juga akan melakukan tindakan pencegahan.

2. Kantong Udara

Kantong udara depan dan samping akan memberikan perlindungan terhadap kepala, dada, dan pinggul dari pengemudi dan penumpang lainnya.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa kantong udara dapat menyebabkan cedera fatal ketika kantong udara mengembang.

Namun, hal itu hanya akan terjadi apabila penumpang terlalu dekat dengan kantong udara.

Karena itu, pilihlah mobil yang membuat Anda duduk dengan nyaman serta dapat menjangkau pedal tanpa harus terlalu dekat dengan setir.

 3. Antilock Brakes System

Hal terakhir dan terpenting yang harus Anda cari ketika membeli mobil adalah fitur Antilock Brakes System (ABS).

ABS akan membantu pengemudi untuk mengendalikan kendaraan ketika jalanan licin atau basah. Di beberapa kasus, ABS dapat memperpendek jarak pengereman kendaraan. Mobil yang aman menawarkan perlindungan berlebih kepada pengemudi dan penumpangnya.

Jika ingin lebih teliti lagi, Anda dapat mengecek tes keselamatan yang pernah dilakukan oleh setiap mobil yang diinginkan.

Selain fitur-fitur keselamatan yang telah disebutkan di atas, aturan utama dalam memilih mobil yang aman adalah untuk memilih mobil paling berat. Mobil yang berat tentu lebih aman daripada mobil yang ringan,

4. Electronic Stability Control

Salah satu fitur keselamatan untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang semakin populer adalah Electronic Stability Control (ESC).

Sistem keamanan ESC akan mengambil alih kemudi mobil apabila mobil melaju over-steering maupun under-
steering, dan secara otomatis melakukan pengereman sendiri yang disesuaikan sehingga pengemudi dapat mengambil alih kembali kendali mobil.

Sistem ESC, yang dikenal juga dengan Dynamic Stability Control, Vehicle Stability Control, serta Dynamic Stability And Traction Control, dapat mengurangi tingkat kecelakaan tunggal hingga 49 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya