Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya

Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

 ilustrasi bebas finansial (Freepik)

SOLOPOS.COM - ilustrasi bebas finansial (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Lakukan kebiasaan berikut agar Anda tetap berada di jalur keuangan yang benar! Namun, terlalu banyak orang yang gagal mencapai kebebasan finansial sebab dibebani dengan meningkatnya utang, keadaan darurat keuangan, pengeluaran yang boros, atau masalah lain.

Terlebih lagi ada kejadian tak terduga, seperti yang terjadi saat ini, pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Kejadian seperti yang mengharuskan individu membatalkan rencana. Masalah bisa terjadi pada hampir semua orang, tetapi 12 kebiasaan ini dapat membantu Anda meraih kebebasan finansial, dilansir Bisnis dari Investopedia pada Jumat (24/9/2021):

Baca Juga: Perjalanan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga Lebih Cepat 1 Jam

1. Tetapkan tujuan hidup

Jadikan keinginan Anda lebih spesifik. Caranya mulai dengan menuliskan berapa banyak yang harus Anda miliki di rekening bank Anda, apa gaya hidup yang diperlukan, dan pada usia berapa harus dicapai.

Semakin spesifik tujuan Anda, semakin tinggi pula kemungkinan untuk mencapainya. Selanjutnya, hitung mundur ke usia Anda saat ini dan buat pencapaian keuangan secara berkala. Tuliskan semuanya dengan rapi dan letakkan lembar tujuan di bagian paling awal dari map keuangan Anda.

2. Buat anggaran

Konsisten dalam membuat anggaran rumah tangga bulanan. Ini adalah cara terbaik untuk menjamin semua tagihan dibayar dan tabungan berjalan sesuai rencana. Selain itu, cara ini juga bisa memperkuat tujuan Anda dan mendukung tekad melawan godaan untuk berbelanja secara royal. Jadi, pastikan Anda membuat anggaran dan konsisten mencatatnya.

Baca Juga: Kembangkan Potensi Diri, Telkomsel Gelar Webinar untuk Guru dan Pelajar

3. Lunasi kartu kredit

Kartu kredit berbunga tinggi adalah racun untuk membangun kekayaan. Buatlah cara untuk melunasi saldo penuh setiap bulan. Dengan membayar tepat waktu maka itu akan membangun peringkat kredit yang baik.

4. Jangan lupa menabung

Mulai sekarang, Anda harus bijaksana untuk menarik tabungan untuk dana darurat yang dapat digunakan untuk pengeluaran tak terduga. Idealnya, uang itu harus ditarik pada hari yang sama saat Anda menerima gaji. Anda harus menahan godaan berbelanja saat sudah menerima gaji.

5. Mulai berinvestasi sekarang

Pasar saham yang buruk dapat membuat orang mempertanyakan hal ini, tetapi secara historis tidak ada cara yang lebih baik untuk menumbuhkan uang Anda selain melalui investasi.

Keajaiban bunga majemuk akan membantunya meningkat secara eksponensial dari waktu ke waktu, tetapi Anda membutuhkan banyak waktu untuk mencapai pertumbuhan yang berarti.

6. Perhatikan kredit Anda

Skor kredit Anda menentukan tingkat bunga yang ditawarkan kepada Anda saat membeli mobil baru atau membeli rumah. Ini juga berdampak pada hal-hal yang tampaknya tidak terkait, seperti asuransi mobil dan premi asuransi jiwa.

Alasannya, seseorang dengan kebiasaan keuangan yang sembrono juga cenderung sembrono dalam aspek kehidupan lainnya. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendapatkan laporan kredit secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada tanda hitam yang salah yang merusak nama baik Anda.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Army, Kopi Kenangan Hadirkan Merchandise BTS x Built NY

7. Hidup di bawah kemampuan

Menjalani gaya hidup hemat dengan memiliki pola pikir menjalani hidup secara maksimal tidak begitu sulit. Banyak orang kaya mengembangkan kebiasaan hidup di bawah kemampuan mereka sebelum naik ke kemakmuran.

Ini bukan tantangan untuk mengadopsi gaya hidup minimalis. Namun, membuat penyesuaian kecil dengan membedakan antara hal-hal yang Anda butuhkan dan hal-hal yang Anda inginkan adalah kebiasaan yang bermanfaat secara finansial untuk dipraktikkan.

8. Minta bantuan penasihat keuangan

Setelah mengumpulkan jumlah kekayaan yang layak, baik itu investasi likuid atau aset berwujud yang tidak tersedia untuk dikonversi menjadi uang tunai, dapatkan penasihat keuangan untuk mengarahkan dan membantu Anda membuat keputusan yang lebih bijaksana.

9. Jaga kesehatan Anda

Investasikan kesehatan yang baik dengan kunjungan rutin ke dokter umum dan dokter gigi, dan ikuti saran kesehatan tentang masalah apa pun yang Anda hadapi. Banyak masalah dapat ditolong dan bahkan dicegah dengan perubahan gaya hidup seperti lebih banyak berolahraga dan pola makan yang lebih sehat. Kesehatan yang buruk dapat memaksa Anda mengambil pensiun dini dengan pendapatan bulanan yang lebih rendah.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tegas! Jokowi Beri Waktu 2 Tahun Bagi BUMN untuk Berubah

Selain membangun nilai, Presiden Jokowi juga meminta agar para direksi BUMN memiliki kepercayaan diri dalam berusaha.

Airlangga Tegaskan Komitmen Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Kebijakan

Surplus perdagangan yang terus terjaga terutama disebabkan karena kinerja komoditas ekspor andalan Indonesia yang terus meningkat.

Hotel di Mandalika Full Booked di Tanggal Event Superbike dan MotoGP

Harga hotel di sekitar Sirkuit Mandalika pun naik dua kali lipat untuk pemesanan di tanggal perhelatan Superbike dan MotoGP.

OJK Terima 19.711 Aduan Soal Pinjol Ilegal, Ada Teror hingga Pelecehan

Sebanyak 52,97 persen (10.411 aduan) di antaranya masuk dalam kategori pelanggaran ringan/sedang, sementara 47,03 persen (9.270) aduan lainnya pelanggaran berat.

3.516 Aplikasi Telah Diblokir, Ini Cara Mengecek Legalitas Pinjol

OJK telah memiliki nota kesepahaman dengan Kepolisian, Kemkominfo, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Bank Indonesia untuk berkolaborasi dalam pemberantasan pinjol ilegal.

Ada Klub Sepak Bola Liga 1 Papan Atas Mau IPO Hlo, Siapa Ya?

PT Satu Global Investama (SGI) tengah merampungkan persiapan calon emiten baru, salah satu klub sepak bola liga 1 ternama di Indonesia untuk dapat melantai di bursa saham.

Lovetober, Cara Hemat Nikmati Ayam Panggang Khas Solo

Ayam panggang khas Solo I Am In Love memberikan promo khusus selama Oktober melalui Lovetober untuk para penggemar ayam panggang.

Simas Covid-19 dan Gamipro, Inovasi Terbaru Asuransi Sinar Mas

PT Asuransi Sinar Mas meluncurkan Simas Covid-19, asuransi yang menyediakan perlindungan khusus biaya perawatan Covid-19.

Produksi Padi Tahun Ini Naik Tipis, 3 Provinsi Paling Potensial

Produksi padi tertinggi pada 2021 terjadi pada Maret, yaitu sebesar 9,67 juta ton GKG, sedangkan produksi terendah terjadi pada bulan Januari, yaitu sebesar 2,08 juta ton GKG.

Utang Tersembunyi Indonesia dari China Rp488 T? Ini Tanggapan Kemenkeu

Lembaga riset Amerika Serikat (AS) AidData mengungkap Indonesia menumpuk utang dari China hingga total senilai USD34,38 miliar, atau setara Rp488,9 triliun.

Wow, Neraca Perdagangan RI Surplus 17 Bulan Beruntun!

Komoditas nonmigas penyumbang surplus terbesar adalah bahan bakar mineral, lemak dan minyak hewan nabati, serta besi dan baja.

Presiden Apresiasi Transformasi BUMN, Begini Respons Erick Thohir

Transformasi yang dijalankan Kementerian BUMN agar perusahaan-perusahaan BUMN makin profesional, transparan, dan akuntabel mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Milenial dan Gen Z Paling Banyak Memanfaatkan Subsidi Rumah

Milenial menjadi kelompok yang paling banyak memanfaatkan subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Beroperasi Agustus 2022, LRT Jabodebek Melaju Tanpa Masinis

Sebelum beroperasi, LRT Jabodebek kereta tanpa masinis terlebih dahulu harus menjalani pengujian di lapangan.

Listrik PLN Dongkrak Produktivitas Kebun Melon Hidroponik Petani Blora

Peresmian penyambungan listrik daya 5.500 VA yang mensuplai kebutuhan listrik kebun melon dengan sistem hidroponik tersebut diselenggarakan Rabu (13/10/2021).

Aplikasi PLN Mobile Punya Banyak Fitur Baru, Bisa Beli Token Rp5.000

Kali ini PLN menghadirkan Major Launch atau Grand Launching PLN Mobile, dengan sejumlah fitur canggih baru untuk kemudahan layanan bagi pelanggan.