Ingin Baterai Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Awet, Ini Caranya

Penurunan pemakaian baterai pada mobil listrik dipengaruhi cara dan kebiasaan mengisi daya. Umur baterai akan berbeda tergantung cara mengisi dayanya.

 Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 (Antara/Nanien Yuniar)

SOLOPOS.COM - Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 (Antara/Nanien Yuniar)

Solopos.com, SOLO — Penurunan pemakaian baterai pada mobil listrik seperti Hyundai IONIQ 5 dipengaruhi cara dan kebiasaan mengisi daya. Umur baterai akan berbeda tergantung cara mengisi dayanya.

“Sama seperti mengisi daya handphone, dengan model yang sama, umur akan berbeda tergantung dari cara mengisi daya,” kata Technical Manager Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fattony di sela test drive Hyundai IONIQ 5 di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022) malam.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Untuk itu baterai juga harus dirawat secara baik agar fungsinya tetap maksimal dalam jangka waktu lama. Bagaimana cara menjaga kesehatan baterai pada mobil listrik agar tetap awet?

Dikutip dari Antara, jika Anda terlalu sering mengisi daya dengan fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50kW, baterai lebih cepat panas ketimbang mengisi daya dengan AC charger.

Oleh karena itu, mengisi daya dengan DC charger terlalu sering bisa meningkatkan kemungkinan degradasi baterai lebih cepat.

Baca juga: Berapa Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik di SPKLU PLN

Kendati demikian, berdasarkan pemakaian IONIQ 5 untuk layanan taksi yang dipesan daring, kesehatan baterai pada mobil-mobil tersebut masih baik dalam kurun dua tahun.

“Kesehatan baterainya masih 99 persen selama dua tahun, ada yang masih 100 persen. Penyusutannya berapa lama tak bisa dihitung, tapi tergantung bagaimana cara memperlakukan baterai,” kata Fattony.

Untuk mengecek kesehatan baterai, konsumen bisa langsung datang ke diler untuk memeriksanya.

Pada mobil listrik Hyundai IONIQ 5, garansi yang berlaku untuk baterai kendaraan adalah delapan tahun atau 160.000 kilometer.

Baca juga: Lebih Irit Mana Mobil Matik Atau Manual? Ini Faktanya

Jika kesehatan baterai dalam delapan tahun kurang dari 70 persen, baterai akan diganti. Namun, konsumen diingatkan untuk patuh cek berkala sesuai ketentuan agar garansi berlaku.

Head of Public Relations Hyundai Motors Indonesia Uria Simanjuntak menambahkan, DC Charger biasanya memang digunakan sesekali untuk kondisi harus mengisi daya dalam waktu singkat.

Saat ini, sebanyak 100 diler di Indonesia telah menyediakan fasilitas pengisian daya AC Wall Charger.  Ia menambahkan, ada tiga titik pengisian daya mobil listrik di rute dari Jakarta menuju Surabaya, begitu pula sebaliknya.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Zeekr 009 Mobil Listrik dari China, Bentuknya Mirip Alphard

      Produsen mobil di China, Zeekr yang segera memperkenaklan mobil listriknya. Yang menarik produk dengan kode 009 tersebut modelnya mirip MPV mewah.

      Nikita Mirzani dan Koleksi Empat Motornya, Apa Aja Ya

      Nama Nikita Mirzani tak asing didunia hiburan Indonesia, artis yang akrab disapa Nyai oleh penggemarnya ternyata punya koleksi motor keren.

      Kenapa Motor Harus Menyalakan Lampu Siang Hari, Begini Penjelasannya

      Kenapa motor harus menyalakan lampu siang hari, ternyata ada tujuan dan aturannya.

      Kapan Mobil Harus Ganti Oli Biar Performa Mesin Tetap Oke

      Pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil sebaiknya harus tahu kapan mobil harus ganti oli. Sehingga performa mesin tetap optimal.

      Mengenal Kamaz, Truk Legenda Asal Rusia Peserta Reli Paris-Dakar

      Truk Kamaz bisa dibeli di Indonesia, distributornya yaitu PT Pusaka Bumi Tranpsortasi yang juga merupakan bagian dari Blue Bird Group.

      Panduan Cara Beli Tiket GIIAS 2022 yang Hanya Dijual Online

      Pameran otomotif GIIAS 2022 akan digelar pada 11-22 Agustus 2022. Masyarakat yang ingin menonton, ini cara membeli tiket GIIAS 2022.

      Mobil Suzuki S-Presso Segera Meluncur, Intip Spesifikasi dan Harganya

      Mobil Suzuki S-Presso lagi ramai dibicarakan, menyusul adanya informasi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal meluncurkan mobil tersebut dalam waktu dekat.

      Waspadai Tiga Hal Penyebab Kebocoran Selang Radiator Mobil

      Radiator adalah salah satu komponen pendingin mesin mobil, jika selang radiator bocor akan berpengaruh pada kinerja mesin.

      GIIAS 2022: Motor Ikonis Honda ST125 Dax Dijual Rp81,7 juta

      PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda ST125 Dax yang ikonis dan memberikan sensasi nostalgia di ajang GIIAS 2022.

      Merek Mobil yang Tidak Lagi Dijual di Indonesia pada 2022

      Pabrik mobil karena sebab tertentu kemudian membuat kebijakan tidak lagi menjual menjual merek mobil tertentu buatan mereka di suatu negara.

      Motor Termurah di Indonesia, Harganya Hanya Rp13 Jutaan

      Tak hanya sepeda motor termahal yang dijual di Indonesia, karena di pasaran juga Anda bisa menjumpai motor termurah di Indonesia.

      Motor Termahal di Indonesia Harganya Tembus Rp9 Miliar

      Sepeda motor menjadi pilihan konsumenkarena harganya lebih terjangkau dari mobil. Kendati kenyataannya ada juga motor termahal di Indonesia.

      Bolehkah Ganti Ban Mobil Beda Merek Saat Darurat

      Karena mendesak akhirnya beli ban baru beda merek. Lantas apakah boleh ganti ban beda merk, adakah pengaruhnya.

      GM Tawarkan Konversi Mobil Bensin Jadi Kendaraan Listrik, Berminat?

      Kendaraan listrik semakin diminati masyarakat, hanya saja ada sejumlah kendala, salah satunya harga yang masih mahal.

      Cek Daftar Kendaraan yang Wajib Uji Emisi, Agar Tidak Kena Tilang

      Kendaraan wajib uji emisi diatur dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2022, sedan saksi tilang diatur di UU No. 22 Tahun 2009.

      Mobil Presiden Soekarno, dari Rampasan Jepang Hingga Hadiah Rusia

      Soekarno saat menjabat sebagai Presiden RI memiliki beberapa mobil dinas presiden. Apa saja mobil Presiden Soekarno?