Tutup Iklan

Ingin Bangun Pabrik di Lamongan, Pria Surabaya Tertipu Rp29 Miliar

Pria asal Surabaya, Simon Halim, 47, menjadi korban penipuan di Lamongan. Dia merasa ditipu dalam proses pembelian tanah hingga rugi Rp29 miliar saat ingin mendirikan pabrik di Lamongan.

Ingin Bangun Pabrik di Lamongan, Pria Surabaya Tertipu Rp29 Miliar

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penipuan (Solopos-Whisnu Paksa)

Solopos.com, LAMONGAN -- Pria asal Surabaya, Simon Halim, 47, menjadi korban penipuan di Lamongan. Dia merasa ditipu dalam proses pembelian tanah hingga rugi Rp29 miliar saat ingin mendirikan pabrik di Lamongan.

Informasi yang dihimpun, Simon Halim yang merupakan Direktur PT Alam Jaya Primanusa Surabaya merasa ditipu oleh Liem Donni Hariyanto Talim, 46,  juga warga Surabaya.

Simon merasa ditipu dalam jual beli tanah yang ada di Desa Pelang, Kecamatan Kembangbahu, Lamongan. Ia meminta terdakwa mendapat hukuman berat.

"Harusnya setelah pembelian tanah pada tahun 2015 lalu itu, sudah berdiri pabrik di Desa Pelang, Kecamatan Kembangbahu," kata Simon pada wartawan seusai sidang, Jumat (28/6/2019).

Menurut Simon, penipuan itu bermula ketika ia bertemu dengan terdakwa Donni yang menawarkan sebuah pabrik yang mau dijual. Tapi pabrik yang ditawarkan tidak jadi dibeli olehnya. Setelah itu, terdakwa menawarkan tanah yang ada di Desa Palang.

"Saat itu saya berpikir kalau membangun pabrik di Lamongan banyak keuntungan yang didapat, selain mensejahterakan masyarakat setempat, upah buruh juga murah di sana. Sehingga saya mulai tertarik," terangnya dilansir Detikcom.

Setelah tertarik untuk membeli tanah itu, Simon menghitung luasan tanah yang ia butuhkan 16 hektare. Namun oleh terdakwa Donni korban dibujuk untuk membeli 4 hektare lagi di lokasi yang sama.

Karena terus dipaksa, akhirnya Simon membeli tanah tersebut dengan harga Rp350.000 per meter persegi. Padahal harga tanah di Kecamatan Kembangbahu ketika itu sesuai NJOP hanya Rp150.000 per meter persegi.

"Namun selang beberapa tahun sejak tahun 2015 itu, setiap kali saya menanyakan akta tanah, terdakwa selalu berkelit dengan berbagai macam alasan. Hingga akhirnya saya membawa kasus ini ke ranah hukum," paparnya.

Dari beberapa luas tanah yang sudah dibeli, menurut Simon, sebagian sudah dilakukan sertifikasi tanah. Namun ada beberapa yang masih belum jelas sehingga Simon harus menelan kerugian hingga Rp29 miliar.

Kini Donni harus menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Lamongan. Ia diancam Pasal 372 KUHP dengan ancaman pidana.

"Saya melaporkan terdakwa karena saya merasa dirugikan," lanjutnya.

Kini, kasus penipuan itu sudah memasuki agenda pemeriksaan saksi-saksi. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan enam saksi sekaligus dalam persidangan tersebut.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belas  bulan lunar penanggalan Jawa.

Tertular Cacar Langka dari Kucing, Wanita Ini Terancam Buta

Kasus cacar sapi pada manusia meskipun langka namun berpotensi ada kasus serupa di masa depan.

De Bruyne Jadi Pembeda Belgia

Dengan kemenangan ini, Belgia pun menjadi tim kedua setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Pentingnya Membangun Impresi yang Baik Untuk Meraih Sukses

Cara membangun impresi yang baik dipaparkan dalam webinar bertajuk Making a Good Impression to be Impactful in New Normal Era.

Cetak Dua Gol, Denzel Dumfries Aktor Krusial di Balik Kemenangan Belanda

Bek kanan Belanda Denzel Dumfries mengguncang Euro 2020 dengan mencetak dua gol. Si "man-of-the-match" ini juga merancang dua gol lain lewat assist-nya.

Belanda 2-0 Austria: Makin Mantap, De Oranje ke 16 Besar Euro 2020

Untuk kali pertama dalam 13 tahun terakhir Belanda lolos ke-16 besar Euro setelah tersingkir pada fase grup Euro 2012 dan tidak lolos ke putaran final dalam edisi 2016 turnamen ini.