SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bahagia (family.ghiboo.com)

Ilustrasi Bahagia (family.ghiboo.com)

Semua orang pasti ingin bahagia. Namun, hidup memang tak selalu menyenangkan. Ada saat di mana Anda juga merasakan sedih atau marah. Terlebih, dengan segala kesibukan dan kegiatan seabrek, Anda mungkin merasa sudah tidak sanggup mengejar kebahagiaan?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Coba lakukan beberapa langkah kecil berikut ini, hal-hal sederhana yang bisa membantu Anda untuk berdamai dengan diri sendiri dan merasa bahagia.

1. Menerima Diri
Langkah pertama untuk hidup bahagia adalah belajar untuk menerima diri Anda sendiri, dengan segala kelebihan dan kekurangan Anda. Rasa syukur dan penerimaan diri membuat Anda tidak menghiraukan hal negatif dan mengoptimalkan kemampuan diri Anda sendiri.

2. Berhenti bandingkan diri
Rumput tetangga memang akan selalu terlihat lebih hijau. Akan tetapi, jangan sampai Anda biarkan rasa iri berkembang dalam diri karena hanya akan membuat Anda merasa ‘kecil’ dan sedih. Daripada menghitung kelebihan yang dimiliki orang lain, lebih baik hitung saja kesuksesan yang pernah Anda capai. Sementara itu, masih banyak orang yang kurang beruntung dibandingkan Anda.

3. Pegang Kendali
Apa yang terjadi dalam hidup Anda hanya memiliki pengaruh 1% terhadap kebahagiaan, sedangkan sisanya adalah bagaimana reaksi Anda terhadap apa yang terjadi. Nah, Anda memiliki kendali penuh terhadap reaksi tersebut. Daripada membiarkan diri Anda dikuasai emosi negatif, lebih baik Anda belajar berpikir positif atas semua yang terjadi dalam hidup Anda.

4. Bantu orang lain
Pernahkan Anda merasakan kebahagiaan setelah membantu orang lain. Dengan memberikan bantuan kepada orang lain, Anda tidak hanya bisa membuat mereka senang tapi juga akan mendapatkan kepuasan pribadi. Pada dasarnya manusia makhluk sosial, ketika Anda merasakan bagaimana hidup Anda memiliki pengaruh bagi orang lain, Anda otomatis akan bahagia.

5. Coba hal baru
Kebosanan atau rutinitas bisa jadi penyebab Anda sedih. Tak ada salahnya mencoba hobi baru karena siapa tahu lewat hobi tersebut Anda menemukan bakat dan minat Anda di bidang yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya