Ingin Akhiri Rivalitas, Pasoepati Siap Berkomunikasi dengan Brajamusti

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pasoepati menyatakan siap menjalin komunikasi dengan segenap elemen suporter di Yogyakarta menyikapi perpindahan sementara markas Persis Solo ke Stadion Maguwoharjo, Sleman, musim ini. Setelah persaudaraan telah terjalin manis dengan kelompok fans PSS Sleman, Brigata Curva Sud (BCS), Pasoepati tak menutup peluang untuk duduk bersama dengan suporter PSIM Jogja, Brajamusti.

Sama-sama bagian dari trah Mataram, Pasoepati dan Brajamusti memang punya sejarah rivalitas panjang. Perselisihan pun kerap muncul di dalam maupun luar lapangan hijau. Namun belakangan momentum perdamaian tampaknya mulai muncul dari kedua musuh bebuyutan tersebut.

Ini diawali saat Brajamusti memberikan ucapan selamat ulang tahun ke-19 pada Pasoepati, 9 Februari 2019 lalu. “Selamat ulang tahun Rival @PasoepatiNet yang ke 19th,” cuit akun twitter @Brajamusti_YK.

Ciutan itu langsung direspons positif sejumlah warganet yang melihat mulai ada jalan perdamaian antara kedua suporter. Bak gayung bersambut, Pasoepati giliran menunjukkan empati saat Guntur Artamadji Sugiharto, sesepuh suporter PSIM Jogja, meninggal dunia Senin (11/2/2019).

Pasoepati mengirim karangan bunga ke kediaman almarhum di Jl. Sidokabul No.19, Umbulharjo, Jogja. Wakil Presiden Pasoepati, Surya Panca, menegaskan Pasoepati selalu terbuka dengan ide rekonsiliasi suporter, termasuk dengan Brajamusti.

“Kami siap jika ada dialog mengenai itu. Bukan cuma dalam kerangka Persis mau bermarkas di Maguwoharjo, tapi secara luas yakni untuk mewujudkan perdamaian antarsuporter,” ujar Surya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (12/2/2019).

Sebelumnya, Presiden Brajamusti, M. Burhanudin, telah mengirim sinyal siap berdialog untuk memperbaiki hubungan dengan Pasoepati. Surya Panca berharap ada penengah yang dapat memfasilitasi dialog antara kelompoknya dengan Brajamusti.

“Mungkin nanti kepolisian bisa menjadi mediator saat membahas masalah homebase Persis bersama kelompok suporter di Jogja. Yang jelas kami ingin mengawali hubungan dari titik awal lagi, jangan sampai ada korban lain karena rivalitas ini,” ucapnya.

Di sisi lain, Manajer Persis, Langgeng Jatmiko, juga berkomitmen kulanuwun dengan setiap elemen suporter di Jogja, tak terkecuali Brajamusti. “Insya Allah iya, kami akan sowan,” ujarnya. 


Berita Terkait

Berita Terkini

Lorong Bawah Tanah di Kodim, Jalur Telegraph Banyuwangi-Australia?

Disparbud Banyuwangi menduga lorong bawah tanah di Kodim 0825 Banyuwangi bagian dari sambungan telegraph Banyuwangi ke Australia.

Ronaldo Lagi-Lagi Jadi Pahlawan MU

Manchester United memang patut berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo. Pasalnya, pemain berpaspor Portugal itu kembali menjadi pahlawan kemenangan Setan Merah.

Rumah Warga di Ngrampal Sragen Terbakar, Ini Foto-Fotonya

Kerugian material akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp10 juta

Jangan Lupa Sob! Doa Saat Hujan Turun Agar Mendapat Keberkahan

Saat hujan turun juga dianjurkan membaca doa untuk mendapatkan keberkahan dan terhindar dari mara bahaya.

Jelang Pra-IPO, GoTo Dapat Guyuran Dana Rp5,64 Triliun dari Abu Dhabi

GoTo Group, menandatangani perjanjian dengan anak usaha Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) dengan investasi senilai Rp5,64 triliun atau US$400 juta.

Solopos Hari Ini: Klaster Sekolah Meluas, Korban Pinjol Tak Harus Bayar

Temuan klaster penularan Covid-19 di sekolah tempat penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Solo meluas hingga ke jenjang SMP.

Universitas Ruang Paling Moderat untuk Mencegah Radikalisme Ekstrem

Universitas adalah salah satu institusi paling penting untuk menjadi penengah tanpa kepentingan ideologis. Kurikulum dan tim pengajar menjadi kunci mewujudkan moderasi di universitas.

Ada Banjir, Pengantin Ini Tumpangi Panci Jumbo ke Tempat Resepsi

Sepasang pengantin melakukan aksi unik dengan menumpangi panci jumbo saat hendak ke lokasi pernikahan.

Akhirnya Aurel Hermansyah Ketemu Raul Lemos, Netizen Ikut Bahagia

Aurel Hermansyah akhirnya bertemu dengan papa tirinya, Raul Lemos ditemani oleh Atta Halilintar. Netizen ikut berbahagia.

10 Berita Terpopuler: Atap Serambi Masjid Runtuh dan Kabar Persis Solo

Kabar atap serambi Masjid Besar Al Furqon Nguter di Jalan Sukoharjo-Wonogiri tiba-tiba ambruk, Rabu (20/10/2021) dan Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (21/10/2021).

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Begini Kondisi 16 Ekor Sapi dalam Kebakaran di Kladungan Sragen

Ke-16 ekor sapi itu berhasil dievakuasi warga dari empat kandang sapi yang yang hangus terbakar.

Diterjang Angin Kencang, Empat Rumah Warga Sukodono Sragen Rusak

Hujan disertai tiupan angin kencang mengakibatkan empat rumah di Dukuh Pare, Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, mengalami rusak pada bagian atap.

Deddy Corbuzier Disomasi Pekerja Sosial, Nikita Mirzani Angkat Bicara

Nikita Mirzani juga angkat bicara mengenai Deddy Corbuzier yang disomasi oleh Propeksos. Bagaimana tanggapannya?

Antam Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 21 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (21/10/2021)  hari ini tidak berubah untuk cetakan UBS, namun naik untuk cetakan Antam.