SOLOPOS.COM - Raheem Sterling bersama rekan-rekannya di Timnas Inggris (Twitter UEFA)

Solopos.com, JAKARTA-- Pelatih Timnnas Inggris, Gareth Southgate mengaku puas atas keberhasilan Raheem Sterling membayar lunas kepercayaannya.

Sterling tampil cemerlang dengan mencetak gol penentu kemenangan 1-0 yang diraih Inggris atas Kroasia dalam laga pembuka Grup D Euro 2020 di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Southgate sempat mendapat gelombang kritik dari media Inggris dan para suporter di media sosial lantaran memilih menurunkan Sterling sejak awal. Mengingat pemain sayap itu belakangan tersisih tempatnya di pengujung musim dari Manchester City.

Terlebih lagi, Sterling punya rekam jejak kurang gemilang yakni gagal mencetak satu gol pun dalam 12 penampilan di babak utama turnamen bergengsi untuk Inggris.

Baca Juga: Kerugian Akibat Investasi Ilegal Capai Rp117 Triliun dalam 10 Tahun

Termotivasi

Semuanya berubah ketika ia mampu mengkonversi umpan terobosan Kalvin Phillips demi menjebol gawang Kroasia pada menit ke-57. Gol itu membuat Sterling kini punya catatan 15 gol dalam 62 pertandingan untuk Inggris sejak debut pada 2012.

"Saya sangat bersuka cita untuk Raheem. Ia terus mengancam sepanjang laga. Rekor golnya harusnya membuat kami mempercayainya, dan itu membuatnya termotivasi membuktikan diri," kata Southgate selepas laga kepada BBC Sport dikutip Antaranews dari laman resmi UEFA, Senin (14/6/2021).

"Sekali lagi saya sangat bersuka cita untuk Sterling. Beberapa pertandingan turnamen dia lewati tanpa mencetak gol hingga hari ini," ujarnya menambahkan.

Baca Juga: Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo

Southgate menegaskan kontribusi Sterling dalam laga kontra Kroasia tidak semata dari gol yang dicetaknya, tetapi sejak sepak mula hingga ditarik keluar pada menit kedua injury time babak kedua.

Southgate menyebut peluang Phil Foden saat pertandingan baru berusia enam menit yang berakhir membentur tiang gawang juga berasal dari umpan yang dikirimkan Sterling. "Situasi itu cukup menjadi patokan penampilannya hari ini," katanya.

"Saya juga harus bilang pergerakan tanpa bolanya juga luar biasa, serta kemauan untuk turun membantu pertahanan mencegah lawan melakukan serangan berbahaya," tutup Southgate.

Inggris selanjutnya akan menjamu Skotlandia di Wembley untuk laga kedua mereka di Grup D pada Jumat (18/6/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya