Inggris Serukan Kerjasa Sama Global untuk Tanggulangi Perubahan Iklim

Solopos.com, LONDON--Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, Senin (31/3/2014) waktu setempat, menyerukan "kerja sama global" untuk menanggulangi perubahan iklim, dan mendesak pemerintah di seluruh dunia agar bertindak.

"Jika tak ada kerja sama global yang tak pernah terjadi sebelumnya untuk menurunkan buangan gas, tak ada negara yang akan terbebas tanpa pengaruh. Pemerintah di mana saja harus bertindak," kata Hague, sebagaimana dikutip Xinhua.

Pernyataannya dikeluarkan setelah Panel Antar-Pemerintah PBB mengenai Perubahan Iklim (IPCC) menerbitkan laporan keduanya "Climate Impacts, Adaptation and Vulnerability" pada Senin.

"Peningkatan dua derajat temperatur dunia akan berbahaya, dan empat derajat akan menjadi bencana," katanya. Ia mengutip temuan penelitian dari laporan IPCC.

Akibat kegagalan untuk melakukan tindakan akan tersebar sangat luar, dengan konsekuensi serius bagi kesehatan manusia, pangan global, keamanan sumber daya dan kemakmuran ekonomi, demikian peringatan David King, Wakil Khusus Menteri Luar Negeri Inggris tersebut bagi Perubahan Iklim.

Wakil itu menambahkan hanya dengan kerja sama untuk memperoleh kesepakatan internasional agar berhasil menurunkan buangan gas lah "kita dapat berharap untuk mengatasi tantangan iklim tersebut".

Laporan IPCC itu adalah volume kedua mengenai penilaian menyeluruh paling akhir mengenai ilmu perubahan iklim sejak penerbitan terakhir laporan semacam itu pada 2007.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho