Ingat! Tol Pemalang Hingga Batang Belum Ada Rest Area
Ilustrasi. Tol Pemalang-Batang. (Detik.com)

Solopos.com, PEMALANG — Libur panjang menyusul adanya kebijakan cuti bersama diperkirakan berdampak pada volume kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa. Salah satunya di Tol Pemalang-Batang. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui pengguna tol.

Kasi Pelayanan Lalu Lintas Pemalang Batang Toll Road (PBTR) Nuruddin Zakaria mengatakan, Rest area PBTR masih belum beroperasi. Masih dalam proses pembangunan.

“Kami mengimbau apabila pengguna jalan berada di wilayah tol Pemalang-Batang hendak beristirahat ataupun mengisi bahan bakar, bisa terlebih dahulu keluar gerbang Tol Pemalang maupun gerbang Tol Batang-Pekalongan,” ujar Zakaria saat dihubungi Detik.com, Rabu (28/10/2020).

17 Rest Area di Jateng Gelar Rapid Test Saat Libur Panjang

Zakaria menjelaskan, Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 km merupakan tol cluster II Trans Jawa. Dia mengimbau kondisi fisik kendaraan harus dipastikan dalam kondisi laik jalan. Pengemudi juga diminta untuk cukup beristirahat dan tidak memaksakan diri mengemudi jika lelah atau mengantuk.

“Untuk PBTR belum ada rest area. Pastikan sebelumnya untuk cukup istirahat dan BBM tercukupi di rest area sebelumnya,” kata dia.

“Terutama batas maksimal kecepatan yang disarankan melalui rambu-rambu yang ada di sepanjang jalur,” lanjutnya.

Siap-Siap, 30 Oktober Hasil Seleksi CPNS 2019 Diumumkan

Gerbang Tol

Zakaria juga menjelaskan Tol Pemalang-Batang ini sedianya memiliki tiga gerbang tol. Namun baru dua gerbang tol yang sudah beroperasi yaitu Gerbang Tol Pemalang di KM 312 dan Gerbang Tol Batang-Pekalongan di KM 341. Sedangkan satu Gerbang Tol Bojong baru akan beroperasi awal tahun 2021.

Zakaria menjelaskan kondisi jalur yang nyaman untuk para pengguna jalan pada libur panjang cuti bersama pekan ini. Pekerjaan berbaikan jalan di tol ini, lanjutnya, sudah selesai pada Selasa (27/10).

“Sehingga tidak ada pekerjaan apapun di mainroad, yang menganggu pengguna tol,” katanya.

Cari Penginapan Buat Liburan? Ini Daftar Harga Hotel Hits di Solo

Selain itu, Zakaria mengaku pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Pemalang, Polres Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, Polres Batang, dan Polda Jateng. Hal ini terkait keamanan para pengendara di Tol Pemalang-Batang.

“Untuk pelayanan, ada tiga kendaraan patroli jalan tol yang berobservasi di beat masing-masing. Empat kendaraan derek, dan dua kendaraan ambulans. semua kendaraan tersebut standby dan siap jalan untuk membantu pengguna jalan yang membutuhkan,” kata Zakaria.

 

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom