SOLOPOS.COM - Ilustrasi murid belajar. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Di dalam Islam, siapa saja yang akan belajar dianjurkan membaca doa agar mampu menyerap ilmu yang diajarkan. Di dalam Alquran, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca sebelum belajar.

Berkut doa sebelum belajar berdasarkan Alquran Surat Thaha ayat 114:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash sholihiin.

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, berilah aku karunia agar dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang saleh.

Adab Sebelum Belajar

Sementara itu, Ustaz Adi Hidayat mengatakan hal penting yang harus dilakukan sebelum belajar. "Satu, niatkan dengan ikhlas setiap pelajaran hanya untuk mendapatkan rida Allah SWT," ucapnya seperti pada video yang diunggah di saluran Youtube Solusi Islam, 5 Januari 2019.

Selain doa dalam Alquran, ada doa yang juga bisa dibaca umat Islam sesuai sunah Nabi Muhammad SAW. "Allahmmua faqqihim fiddim wa'alim ni ta'wil. [Artinya] Ya Alah mohon pahamkan saya, pada ilmu agama yang akan saya pelajari, dan berikan saya kemampuan memahami hal sulit," lanjut Ustaz Adi Hidayat.

Nah, itulah doa sebelum belajar menurut Islam. Jangan lupa dibaca ya! Semoga kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya