SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (dua dari kiri), didampingi Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto memperhatikan pekerja membongkar cor semen jalan lingkar kota di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (17/10/2015). (JIBI/Solopos/Trianto Hery Suryono)

Infrastruktur Wonogiri diperbaiki.

Solopos.com, WONOGIRI– Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mendukung usulan dari daerah terkait infrastruktur, termasuk pelebaran jalan Selogiri-Purwantoro. Ganjar menunggu proposal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri untuk pelebaran salah satu jalan milik Pemprov Jateng di Wonogiri itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun ini [pelebaran jalan] bisa dimulai. Terpenting ada pangajuan dari masing-masing daerah. Pelebaran jalan dilakukan secara bertahap,” ujarnya saat ditemui Espos seusai menghadiri acara serah terima jabatan (sertijab) Penjabat (Pj) Bupati Wonogiri kepada Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, dan wakilnya Edy Santoso, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Sabtu (27/2/2016).

Ganjar juga meminta anggota DPRD masing-masing kabupaten/kota ikut mendorong penyelesaian masalah di daerahnya. Salah satunya soal infrastruktur jalan dan kemudahan investasi. Sebagian kecil jalan Selogiri-Purwantoro yang masuk Kecamatan Selogiri sudah dilebarkan. Namun, sebagian besar dari jalur sepanjang 70m kilometer (km) itu dinilai kurang lebar. Ada jalur yang lebarnya hanya 6 meter.

Sebelumnya, Kasatlantas, AKP Sri Ningsih Iriani, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean, menyebut jalur Selogiri-Wonogiri, Wonogiri-Ngadirojo hingga perbatasan Purwantoro dan Ponorogo, Jawa Timur, adalah jalur tengkorak karena masuk peta black spot rawan kecelakaan. “Salah satu solusi ya pelabaran jalan,” kata Sri Ningsih.

Pada bagian lain, Gubernur juga mengatakan sudah berkomunikasi dengan Menteri Pekerjaan Umum tentang penyelesaian jalan lintas selatan (JLS). “Hasilnya, tahun ini JLS sudah mulai dikerjakan dan diselesaikan. Dananya Rp5 miliar. Permasalahan air di Pracimantoro juga ditangani APBD Jateng. Kami nanti ingin melihat apakah permasalahan air benar-benar terselesaikan atau belum,” ujar Ganjar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya