INFRASTRUKTUR WONOGIRI : Bulan Depan Mulai Diperbaiki, Jalan Alas Kethu-Tangkil Telan Rp21 Miliar
Pengendara melintas di jalan Alas Kethu, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Rabu (30/8/2017). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Wonogiri, Pemkab akan memperbaiki jalan Alas Kethu-Tangkil dengan dana Rp21 miliar.

Solopos.com, WONOGIRI -- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri memastikan tahun ini jalan Alas Kethu yang rusak sejak beberapa tahun terakhir diperbaiki. Anggaran senilai Rp21 miliar sudah disiapkan untuk proyek yang akan dimulai September 2017 tersebut.

Dengan dana sebesar itu, proyek perbaikan akan dilaksanakan hingga Tangkil, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, sejauh lebih kurang 5,9 kilometer (km), disertai pelebaran jalan dan pembangunan drainase.

Pantauan Solopos.com di jalan Alas Kethu, Rabu (30/8/2017), jalan tersebut rusak terdapat di sejumlah lokasi. Beberapa di antaranya berlubang hingga selebar badan jalan. Kebanyakan lubang jalan memanjang sepanjang lebih dari 1 meter dengan kedalaman setengah hingga sejengkal telapak tangan orang dewasa.

Jalan sepanjang lebih kurang 700 meter di tengah alas itu sudah dibeton. Informasi yang dihimpun Solopos.com dari warga dusun dekat Alas Kethu, jalan beton itu hasil pekerjaan tahun lalu.

Kabid Bina Marga DPU Wonogiri, Prihadi Ariyanto, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Rabu, menyampaikan ruas Alas Kethu-Tangkil akan ditingkatkan dalam waktu dekat. Jalan akan dibeton dan dilebarkan dari sebelumnya 4 meter menjadi 6 meter dengan menambah lebar sisi kanan dan kiri jalan.

DPU sudah menyiapkan anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah senilai lebih dari Rp21 miliar. Pekerjaan direncanakan mulai September hingga Desember.

“Peningkatan ruas jalan Alas Kethu-Tangkil menjadi salah satu prioritas tahun ini untuk mendukung mobilitas kendaraan berat menuju dan dari perusahaan di kawasan alas. Jika jalan tersebut bagus secara otomatis akan memperlancar mobilitas warga,” kata Prihadi.

Menurut dia, proyek tersebut sebagai wujud komitmen Pemkab Wonogiri yang proinvestasi sekaligus realisasi program prioritas Bupati Joko Sutopo, yakni Program Alus Dalane. Proyek Alas Kethu merupakan satu dari tujuh kegiatan infrastruktur jalan yang didanai Bankeu 2017 senilai Rp66,7 miliar.

Enam proyek lainnya yakni peningkatan ruas jalan Tangkil-Malangsari senilai Rp4 miliar, Pokoh-Klerong Rp8,24 miliar, dan jalan lingkar kota (JLK) Rp11 miliar. Tiga proyek lainnya, peningkatan ruas Bulukerto-Poncol senilai Rp7 miliar, jembatan JLK Rp10 miliar, dan Jl. Ahmad Yani kawasan kota Rp5 miliar.

“Sebenarnya kami bersama Pemkab Sukoharjo sudah mengusulkan ruas Pokoh-Klerong-Malangsari [Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri]-Songgorunggi [Nguter, Sukoharjo] agar menjadi jalan provinsi sejak 2015 lalu. Harapannya peningkatan jalan di kawasan industri itu bisa ditanggung provinsi. Tapi karena belum terealisasi kami berinisiatif menggelar proyek dengan sokongan bankeu,” imbuh Prihadi.

Warga Sendangsari, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Semi, 40, berharap jalan Alas Kethu secepatnya diperbaiki. Menurut warga dusun dekat Alas Kethu itu jalan tersebut rusak parah sejak beberapa tahun lalu.

Penelusuran Solopos.com, lelang proyek perbaikan jalan itu sudah selesai. PT Cahaya Indah Madya Pratama, Lamongan, Jawa Timur, memenangi lelang dengan harga penawaran terkoreksi jadi Rp20,7 miliar.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom