INFRASTRUKTUR SUKOHARJO : Jembatan Lengking Dibuka, Warga Berharap Jalannya Juga Diperbaiki

INFRASTRUKTUR SUKOHARJO : Jembatan Lengking Dibuka, Warga Berharap Jalannya Juga Diperbaiki

SOLOPOS.COM - Rambu larangan melintas bagi truk dan mobil boks dipasang di ujung Jembatan Lengking yang dibuka sejak Senin (5/2/2018). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Jembatan Lengking yang menghubungkan Kecamatan Nguter dan Kecamatan Bulu yang baru selesai dibangun dibuka untuk kendaraan.

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sukoharjo membuka akses Jembatan Lengking bagi masyarakat pengguna jalan minus truk. Jembatan itu menghubungkan Kecamatan Nguter dengan Kecamatan Bulu.

Mobil dan sepeda motor bisa memanfaatkan jalur alternatif antarkecamatan tersebut. Dibukanya akses untuk umum memperpendek jarak dan waktu tempuh masyarakat Bulu ke Sukoharjo Kota.

Warga Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Sahid, kepada Solopos.com, Rabu (7/2/2018), mengungkapkan Jembatan Lengking dibuka mulai Senin (5/2/2018). “Ada portal di ujung jembatan sehingga truk dan mobil boks tak bisa melintas. Namun mobil dan sepeda motor sudah banyak yang melintasi jembatan itu,” katanya.

Dia membandingkan sebelum Jembatan Lengking dibangun untuk pergi ke Sukoharjo kota via Jembatan Banmati, Desa Banmati, Kecamatan Tawangsari. “Tadi [Rabu pagi] saya hanya membutuhkan waktu 10 menit hingga 15 menit untuk sampai ke Kantor PMI Sukoharjo. Dulu via Jembatan Banmati dibutuhkan waktu 20 menit hingga 25 menit. Selain waktu jarak tempuh juga lebih singkat sekitar empat kilometer hingga lima kilometer.”

Baca:

Telan Rp12,4 Miliar, Jembatan Lengking Impian Warga Selama 38 Tahun Terealisasi

Warga Nekat Lintasi Jembatan Lengking Meski Beton Belum Kering

Warga Nguter, Sulardi, berharap jalan alternatif sepanjang Desa Tanjung, Kecamatan Nguter, menuju Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo, diperbaiki. “Jalan rusak parah. Lubang jalan cukup dalam sehingga membahayakan pengguna jalan. Apalagi jika turun hujan, lubang jalan akan tertutup air dan sulit ditebak pengguna jalan sehingga terperosok lubang dan jatuh,” katanya.

Selain kerusakan jalan, Sulardi meminta rambu petunjuk arah segera dipasang agar pengguna jalan tidak tersesat. Dia mencontohkan jalur Jembatan Brangkal, Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu, sudah terpasang rambu petunjuk arah sehingga memudahkan pengguna untuk menelusuri jalur alternatif tersebut.

“Perlu ada penyempurnaan sehingga jalan aman dan nyaman bagi semuanya. Kami mengapresiasi iktikad Pemkab Sukoharjo yang membangunkan Jembatan Lengking karena ekonomi masyarakat desa akan segera tumbuh.”

Kepala Dinas PUPR Sukoharjo, Suraji, kepada wartawan mengonfirmasi pembukaan palang Jembatan Lengking awal pekan ini. “Palang jembatan sudah dibuka 5 Februari kemarin tetapi portal tetap ditutup. Keberadaan portal untuk mengantisipasi truk dan mobil boks melintas di Jembatan Lengking. Akses jembatan sudah bisa dilewati sepeda motor maupun mobil,” ujarnya.

Dia menjelaskan mobil harus hati-hati dan antre saat melintas karena lebar Jembatan Lengking tidak bisa untuk berpapasan dua mobil. “Pengemudi harus bersabar menunggu giliran melewati Jembatan Lengking apabila dari arah berlawanan sudah ada mobil yang masuk jembatan lebih dahulu. Seperti di Jembatan Brangkal itu pola antre juga berjalan dengan baik,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)