SOLOPOS.COM - Bangunan kantor Desa Gentan, Baki, Sukoharjo. (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Sukoharjo, kantor Desa Gentan, Baki, dibangun dua lantai dengan biaya Rp8 miliar

Solopos.com, SUKOHARJO--Kantor Desa Gentan, Baki, Sukoharjo, tengah dipercantik. Anggaran yang dibutuhkan pun cukup fantastis untuk ukuran desa. Anggaran diperkirakan mencapai Rp8 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kantor Desa Gentan akan disulap menjadi kawasan histori. “Kami ingin mengenang dan menghargai sejarah. Karena itu dibangun candi di sekitar Kantor Desa Gentan. Ini merupakan satu-satunya kantor pemerintahan desa di Sukoharjo yang mempunyai konsep histori,” kata Kepala Desa Gentan, Uke Kurniawan, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Rabu (19/8/2015).

Anggaran Rp8 miliar berasal dari swadana masyarakat desa setempat sebagai wujud berpartisipasi dalam pembangunan kantor pemerintahan desa. Sebagian dana lainnya berasal dari pemasukan kas desa. “Pak Bupati [Wardoyo Wijaya] sempat ingin memberikan bantuan dana namun kami tolak karena anggaran pembangunan kantor desa murni dari masyarakat. Tidak ada dana sedikit pun dari APBD Kabupaten Sukoharjo,” papar dia.

Dia menceritakan satu rukun tetangga (RT) menyumbang dana senilai Rp750.000. Padahal, jumlah RT di Desa Gentan lebih dari 70. Belum lagi pemasukan kas desa yang berasal dari kegiatan atau event seperti pasar malam. “Akhir bulan ada lomba pacuan kuda di Gentan, nah ada pemasukan kas desa untuk membiayai pembangunan kantor desa.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya