SOLOPOS.COM - Warga kecele saat hendak melintas di Jembatan Grogolan yang putus, Sabtu (20/2/2016). Jembatan penghubung Desa Manyarejo Plupuh dan Desa Bukuran Kalijambe, Sragen, itu putus sejak setahun lalu. (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Sragen yakni jembatan Grogolan belum juga diperbaiki meski sudah setahun putus.

Solopos.com, SRAGEN — Jembatan penghubung objek wisata di perbatasan Desa Manyarejo Kecamatan Plupuh dan Desa Bukuran Kecamatan Kalijambe, Sragen, yang putus sejak setahun lalu hingga kini belum diperbaiki.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Padahal Jembatan Grogolan itu merupakan akses utama menuju Museum Manusia Purba Klaster Bukuran, Museum Manusia Purba Klaster Manyarejo hingga ke Klaster Ngebung, dan Monumen Trianggulasi.

“Untung masih ada jalan alternatif lewat jalan desa di Dukuh Grogolan. Kalau tidak ada jalan alternatif itu ya warga terpaksa buat jembatan sementara dari bambu. Kendati jaraknya lebih jauh, jalan alternatif itu bisa membantu kami. Selama setahun terakhir, jembatan itu tak ada perhatian pemerintah,” ujar Senen, 50, warga Dukuh Grogolan RT 017, Desa Bukuran, Kalijambe, Sragen, saat ditemui, Sabtu (20/2/2016).

Senen mengisahkan pada 2013, jembatan sempat ambrol karena dilintasi truk pengangkut material bangunan saat proses pembangunan Museum Manusia Purba Klaster Bukuran berlangsung.

Dia mengatakan saat itu pemerintah menguatkan jembatan itu dengan baja tetapi tetap menggunakan fondasi lama.

“Hingga akhirnya Museum Bukuran selesai dibangun. Setelah itu, sungai itu sering banjir. Fondasi jembatan keropos hingga akhirnya putus sampai sekarang itu. Jembatan itu merupakan akses utama menuju Museum Bukuran dan objek wisata lainnya di Kalijambe,” ujar Senen.

Seorang warga Grogolan, Desa Bukuran, Sri Mulyani, 38, mengatakan sejak jembatan itu putus omzet warung kelontongnya menurun. “Kami menghendaki jembatan itu dibangun agar akses masyarakat mudah,” katanya.

Warga Dukuh Sendang RT 016, Desa Bukuran, Kalijambe, Pariyadi, 30, juga mendesak Pemkab Sragen agar membangun jalan penghubung antardesa dan antarkecamatan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya