INFRASTRUKTUR SRAGEN : 103,98 Km Jalan di Sragen Rusak Berat

INFRASTRUKTUR SRAGEN : 103,98 Km Jalan di Sragen Rusak Berat

SOLOPOS.COM - Truk melintas di jalan Ngrampal-Tangen, tepatnya di Paldaplang, Kebonromo, Ngrampal, Sragen, Sabtu (1/10/2016). Jalur tersebut rusak akibat dilalui ratusan kendaraan berat setiap hari. (Adib Muttaqin Asfar/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Sragen, jalan yang rusak parah di Sragen panjangnya mencapai 103,98 km.

Solopos.com, SRAGEN — Jalan sepanjang 103,98 kilometer (km) di Bumi Sukowati mengalami rusak berat. Sebagian besar jalan rusak itu berada di jalur truk pengangkut material tambang galian C.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen Hutomo Ramelan mengatakan terdapat 156,75 km jalan yang mengalami rusak sedang dan 5 km jalan yang rusak ringan.

Kategori rusak sedang itu bisa berubah menjadi rusak berat apabila tak kunjung diperbaiki pada tahun berikutnya. Demikian halnya jalan yang rusak ringan bisa berubah menjadi rusak sedang jika tak kunjung diperbaiki.

”Itu data sementara yang kami terima. Kerusakan jalan itu bisa bertambah seiring berjalannya waktu. Terlebih jika tidak ada upaya perbaikan,” kata Tomi sapaan akrabnya kepada Solopos.com di Sragen, Senin (24/10/2016).

Tomi mengakui sebagian jalan rusak itu berada di jalur truk pengangkut material tambang galian C. Selama proses pembangunan jalan tol, tambang galian C akan tetap beroperasi di Bumi Sukowati.

Sebagaimana dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pembangunan jalan tol Solo-Ngawi ditarget rampung Oktober 2017. ”Truk yang lewat jalan itu biasanya membawa muatan yang melebihi batas tonase. Kalau setiap hari dilintasi truk bertonase tinggi, sudah pasti rusak jalan itu,” terang Tomi.

Upaya perbaikan jalan sudah dianggarkan melalui APBD kabupaten maupun dari APBD provinsi. Pada tahun ini, Pemkab Sragen mengalokasikan dana senilai Rp3 miliar untuk perawatan jalan.

Pemkab Sragen juga mengajukan penambahan anggaran senilai Rp1 miliar melalui APBD Perubahan 2016. ”Kami belum bisa memprediksi berapa kilometer jalan yang akan diperbaiki. Yang jelas, perbaikan jalan itu sesuai skala prioritas,” jelas Tomi.

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Sragen Purwo Santoso mengatakan di Sragen hanya terdapat satu jembatan timbang yang bisa digunakan untuk mengukur tonase.

Jembatan timbang di kawasan Sambungmacan itu dikelola Pemprov Jateng. Dia mengakui Pemkab Sragen belum memiliki jembatan timbang portabel untuk mengukur tonase dari truk pengangkut material tambang galian C.

”Kami baru mengusulkan supaya Pemkab Sragen membeli jembatan timbang portabel itu. Ini baru rencana awal, mudah-mudahan usulan kami bisa disetujui,” terang Purwo.

Berita Terkait

Berita Terkini

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

Video seorang anggota keluarga pasien Covid-19 yang meninggal mencoba menusuk nakes RSUD Ambarawa beredar viral di media sosial. Polda Jateng beri penjelasan.

Digerebek Petugas, Nasib PKL Di Purwodadi Berakhir Bahagia

Kedatangan petugas gabungan membuat pedagang dan sejumlah pembeli yang lagi nongkrong di warung PKL angkringan dekat Stadion Purwodadi kaget.