SOLOPOS.COM - Desain Sky Bridge Terminal Tirtonadi-Solo Balapan tampak depan. (Dishubkominfo Solo)

Infrastruktur Solo,  sky bridge menghubungkan Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Solobalapan.

Solopos.com, SOLO — Pengelola Terminal Tirtonadi mengusulkan fasilitas travelator dan penjagaan selama 24 jam untuk menunjang operasional jembatan layang (sky bridge) penghubung  terminal dengan Stasiun Solobalapan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto, mengusulkan tangga manual sebagai akses utama menuju sky bridge diganti travelator untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.

“Saat ini tangga naik tingginya sekitar 12 meter. Cukup curam. Kami mengusulkan agar tahun depan ditambah fasilitas travelator. Kemiringannya dibuat selandai mungkin sehingga difabel yang menggunakan kursi roda dan warga lansia bisa lewat dengan nyaman,” terang dia saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (21/10/2016) siang.

Selain travelator, Eko mengusulkan pengadaan penjaga keamanan sky bridge sebanyak 20 orang yang dibagi menjadi tiga sif untuk mengamankan jembatan layang selama 24 jam sehari. “Kami ingin tempatkan petugas selama 24 jam untuk memberikan jaminan keamanan bagi pengguna sky bridge,” jelasnya.

Ihwal anggaran, dia menyebut pengadaan travelator dan penjagaan selama 24 jam sudah masuk dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017. “Sudah masuk ke KUA-PPAS. Kami usulkan Rp21 miliar di APBD 2017,” bebernya.

Anggaran itu termasuk untuk terminal sisi barat. “Tahun depan, kami ingin memperbarui sistem pendingin udara di terminal sisi barat. Di sana pakai AC split. Kami ingin ganti menjadi AC central seperti terminal sisi timur. Selain itu, anggaran juga digunakan untuk gaji tenaga outsource, membayar tagihan listrik Rp250 juta/bulan, dan lain-lain,” ungkapnya.

Perwakilan kontraktor dari PT Karsa Bayu Bangun Persada, Wawan, mengemukakan saat ini pembangunan sky bridge sudah mencapai 85%. “Pemasangan atap hari ini selesai. Tinggal pemasangan keramik di lantai jembatan dan pemasangan kaca samping jembatan. Harapan kami sesuai target Desember nanti semuanya bisa selesai,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya