Infrastruktur Solo: Retak dan Ambles, Jembatan Bibis akan Direhab dan Diperlebar
Jembatan Bibis atau Kreteg Abang di Kelurahan Nusukan, Banjarsari, Solo. (Solopos-Dok)

Solopos.com, SOLO -- Jembatan Bibis atau Kreteg Abang yang menghubungkan Bibis Baru dan Bibis Wetan, Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo, akan diperlebar guna mengakomodasi perkembangan wilayah sekitar. Sebelumnya jembatan itu retak-retak dan ambles hingga 10 cm.

Sesuai rencana lebar jembatan didesain sembilan meter dari ukuran saat ini delapan meter. Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Joko Supriyanto mengatakan saat ini detail engineering design (DED) proyek jembatan itu sedang disusun.

“Jembatan akan dibangun bertahap, karena ketersediaan anggaran tidak mencukupi untuk merampungkan di tahun ini,” kata Joko ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Kamis (5/4/2018).

Berdasarkan penghitungan konsultan perencana, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Jembatan Bibis mencapai Rp19 miliar. Namun pada tahun anggaran ini, Pemkot Solo baru mengalokasikan anggaran Rp10 miliar.

Anggaran tersebut baru mencukupi untuk pembangunan konstruksi bagian bawah jembatan, seperti abutmen dan fondasi. “Nanti tambahan Rp9 miliar akan dialokasikan pada 2019,” imbuhnya.

Pada tahap selanjutnya, proyek pengerjaan pengaspalan badan jembatan serta pemasangan girder. Bagian konstruksi atas jembatan akan dikerjakan tahun depan. Sesuai perencanaan badan jembatan akan dilebarkan satu meter dari kondisi sekarang delapan meter.

Pelebaran badan jembatan untuk mengakomodasi perkembangan wilayah. “Jembatan Bibis akan dibangun dengan memiliki nilai arsitektur. Jadi tidak hanya berfungsi sebagai jembatan, melainkan juga menjadi kawasan bernilai seni di Kota Solo,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Ari Wibowo menilai pelebaran badan Jembatan Bibis mendesak dilakukan untuk mengakomodasi arus lalu lintas di kawasan tersebut. Apalagi selama ini jembatan tersebut menjadi salah satu penghubung kawasan Solo utara dengan wilayah lain.

Seperti diketahui, Jembatan Bibis yang menghubungkan Bibis Baru dan Bibis Wetan, Nusukan, retak dan ambles hingga 10 sentimeter. Sebagai langkah antisipasi, Dinas PUPR memasang portal dan sejumlah rambu pembatasan kendaraan yang melintas di jembatan tersebut. Kendaraan melintas dibatasi hanya kendaraan bermotor.



Avatar
Editor:
Suharsih


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom