Tutup Iklan

INFRASTRUKTUR SOLO : Rekayasa Lalu Lintas Flyover Manahan Disimulasikan, Median Jalan Dibongkar

INFRASTRUKTUR SOLO : Rekayasa Lalu Lintas Flyover Manahan Disimulasikan, Median Jalan Dibongkar

SOLOPOS.COM - Perlintasan kereta api Manahan, Solo, Senin (11/9/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Solo, Dishub akan mengadakan  simulasi rekayasan lalu lintas menjelang pembangunan flyover Manahan.

Solopos.com, SOLO -- Proyek pembangunan jalan layang (flyover) Manahan segera dimulai. Dinas Perhubungan (Dishub) Solo akan menggelar simulasi rekayasa lalu lintas pada Rabu-Kamis (4-5/10/2017).

Warga diminta menghindari empat kawasan yang bakal terdampak simulasi tersebut. Empat kawasan itu yakni Manahan, Jl. M.T. Haryono, Jl. dr. Moewardi (Kota Barat), serta perlintasan KA Pasar Nongko. (Baca: Begini Rekayasa Lalu Lintas selama Flyover Manahan Dibangun)

Berdasarkan pantauan Solopos.com, median jalan di utara dan selatan perlintasan Manahan mulai dibongkar. Pembongkaran median jalan menjadi salah satu bagian dari manajemen rekayasa lalu lintas selama flyover Manahan dibangun.

Median jalan sisi selatan perlintasan dibongkar 15 meter, sementara median jalan di sisi utara dibongkar 13 meter. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Hari Prihatno mengatakan pembongkaran median jalan untuk memperlancar rekayasa lalu lintas di Jl. Hasanudin dan Jl. M.T. Haryono.

Nantinya kendaraan yang melintas di Jl. Hasanudin dari arah barat bisa langsung menuju Jl. Hasanudin di sisi timur, tanpa harus berputar melalui ruas jalan lain. “Apalagi selama pembangunan flyover Manahan perlintasan ditutup total,” katanya ketika dijumpai wartawan di kantor Dishub, Senin (2/10/2017).

Demikian pula kendaraan di Jl. M.T. Haryono dari arah utara bisa langsung berbelok ke Jl. Samratulangi. Manajemen rekayasa lalu lintas di sekitar perlintasan Manahan tersebut akan disimulasikan pada Rabu-Kamis.

Sejumlah ruas jalan di sekitar perlintasan menjadi sasaran rekayasa lalu lintas itu guna meminimalkan potensi kemacetan. “Simulasi selama 24 jam yang dimulai pukul 06.00 WIB sampai 06.00 WIB lagi untuk membiasakan pengendara memilih jalur alternatif selama perlintasan sebidang ditutup total,” katanya.

Dishub akan menempatkan petugas yang siap memberikan informasi arah kepada para pengguna jalan selama simulasi rekayasa lalu lintas prapembangunan flyover Manahan. Penempatan petugas tersebut agar masyarakat yang melintas di lokasi simulasi rekayasa lalu lintas tidak tersesat arah.

Simulasi akan mengubah arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan. Bahkan pintu perlintasan kereta api Manahan akan ditutup untuk kendaraan.

“Kami hanya menyiapkan jalan sayap di kanan dan kiri sekitar lokasi rencana pembangunan flyover. Lebar masing-masing jalan sayap ini hanya 3 meter, jadi hanya cukup untuk satu mobil,” katanya.

Penyempitan jalan di kawasan bakal flyover tentu akan berdampak pada penumpukan arus kendaraan di kawasan tersebut. “Kami imbau pengendara bisa memilih Jl. Slamet Riyadi atau Jl. A. Yani untuk menuju pusat Kota Solo dan menuju daerah pinggiran. Hindari empat kawasan itu. Kalau tidak punya kepentingan jangan melewati empat kawasan itu,” katanya.

Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Ari Wibowo mengatakan akan memasang barikade, water barrier, serta rampu-rambu peringatan terkait pelaksanaan simulasi rekayasa lalu lintas pembangunan flyover. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Endah Sitaresmi Suryandari mengatakan tahun ini Pemkot akan mengerjakan peningkatan drainase Jl. dr. Moewardi.

Pemkot mengalokasikan anggaran Rp4,45 miliar untuk perbaikan drainase tersebut. Proyek itu ditargetkan rampung akhir tahun. Penataan drainase dan jalur pedestrian ini akan dikerjakan dari Masjid Kota Barat sampai perlintasan Manahan. “Perbaikan drainase akan mulai dikerjakan dalam sepekan mendatang,” katanya.

Sita optimistis proyek tersebut bisa selesai akhir tahun ini meski waktu pengerjaan penataan drainase dan jalur pedestrian hanya 3,5 bulan. “Ya harus selesai. Insya Allah bisa lah,” katanya.

Sita memperkirakan proyek penataan drainase serta jalur pedestrian sisi barat Jl. dr. Moewardi akan berjalan beriringan dengan pembangunan flyover dari pemerintah pusat. Sesuai koordinasi terakhir, pembangunan flyover Manahan dengan sistem multiyears dikerjakan November nanti.

“Jadi saat flyover dibangun, perbaikan drainase sisi barat yang kami kerjakan sudah hampir selesai,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.