SOLOPOS.COM - Ilustrasi.dok

Infrastruktur Solo, Pemkot mempercepat pemeliharaan jalan kampung.

Solopos.com, SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengebut pemeliharaan jalan lingkungan di Kota Bengawan. Ditargetkan, seluruh proyek pemeliharaan jalan lingkungan rampung sebelum Lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara perbaikan jalan kota akan dikerjakan setelah Hari Raya, karena masih memasuki tahap lelang pekerjaan. Perbaikan baru sebatas sementara tambal sulam untuk menyambut pemudik. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo, Endah Sitaresmi Suryandari ketika dijumpai wartawan, Minggu (26/6/2016).

“Khusus jalan kampung, kami selesaikan sebelum Lebaran,” terangnya.

Sita sapaan akrabnya beralasan, diprioritaskannya pengerjaan jalan lingkungan dibanding jalan kota agar pengerjaannya tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Saat mudik Lebaran, Sita memastikan seluruh jalan kampung sudah bagus dan bisa dilewati.

Adapun pemeliharaan ruas jalan kota yang dilakukan setelah Lebaran, Sita mengatakan tidak akan mempengaruhi kelancaran arus mudik. Sebab tidak banyak ruas jalan kota yang menjadi jalur mudik Lebaran. Kebanyakan, Sita menambahkan, jalur mudik di Kota Solo adalah jalan provinsi dan jalan nasional. Khusus jalan provinsi yang statusnya diturunkan menjadi jalan kota, perbaikannya sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPU, Joko Supriyanto, belum lama ini mengatakan perbaikan jalan kota akan difokuskan ke Solo utara. Hal itu bertujuan untuk memeratakan kondisi infrastruktur antara wilayah tersebut dengan Solo selatan. Infrastruktur di Solo utara memang relatif ketinggalan dibanding kawasan Solo selatan.

“Karena itu pada tahun ini alokasi anggaran perbaikan infrastruktur jalan lebih banyak dialokasikan ke sana [kawasan Solo utara],” tuturnya.

Dia mengatakan hampir seluruh ruas jalan di Kota Solo kondisinya baik. Sehingga bias dilalui para pemudik dengan nyaman dan aman. Dia mengatakan perbaikan  jalan seperti Jl. Jalan Adi Sumarmo ataupun Jl. Kapten Mulyadi sudah dikerjakan.
“Jadi tidak masalah pemudik bisa melewati jalan di Solo dengan baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya