Tutup Iklan

INFRASTRUKTUR SOLO : Jalur KA Balapan-Bandara Butuh Lahan 5.000 M2

INFRASTRUKTUR SOLO : Jalur KA Balapan-Bandara Butuh Lahan 5.000 M2

SOLOPOS.COM - Seorang petugas pemeriksa jalan (PPJ) tampak menyeberangi rel di dekat Stasiun Wates, Kulonprogo, seusai melakukan pantauan kondisi jalur kereta api, Senin (27/6/2016). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Infrastruktur Solo, rencana pembangunan stasiun kereta api di Bandara Adi Soemarmo terus dimatangkan.

Solopos.com, SOLO -- Rencana pembangunan stasiun kereta api (KA) di Kompleks Bandara Adi Soemarmo Solo tersebut dimatangkan.

Koordinasi semakin intens dilakukan Pemkot dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Berdasar pemetaan, pembangunan jalur KA ini bakal menerjang 5.000 meter persegi lahan dan bangunan di Solo.

Pembebasan lahan akan dimulai pada 2017.“Hasil koordinasi terakhir tiga daerah, yakni Solo, Boyolali, dan Karanganyar dengan PT KAI, di Solo ada 5.000 meter yang harus dibebaskan,” kata Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo atau akrab disapa Rudy ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Jumat (28/10/2016).

Namun, Rudy enggan menyebutkan wilayah mana saja yang akan terdampak pembangunan jalur KA tersebut. Rudy berdalih masih menunggu rencana pembangunan jalur KA Balapan-Bandara disosialisasikan oleh pihak terkait.

Pembangunan jalur kereta akan dilakukan oleh tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bentuk investasi. Ketiga BUMN itu adalah PT KAI, Angkasa Pura I, dan Adhi Karya.

“Jadi Pemkot hanya sebagai fasilitator saja. Sosialisasi hingga pembebasan lahan dan eksekusi pembangunan ranahnya bukan di Pemkot,” kata Rudy.

Pemkot Solo bersama Pemkab Boyolali dan Pemkab Karanganyar siap memberi dukungan dalam pelaksanaan percepatan pembangunan jalur KA Balapan-Bandara. Ketiga daerah itu telah memberikan rekomendasi terkait pelaksanaan proyek tersebut.

Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta proyek KA Balapan-Bandara segera dikerjakan. Sesuai rencana, pembebasan lahan ditargetkan selesai tahun depan. Selanjutnya pada 2018, jalur KA Balapan-Bandara telah rampung dibangun dan siap digunakan.

“Jalur KA yang akan dibangun sama seperti di Bandara Kualanamu, Medan,” katanya.

Sebelumnya muncul dua alternatif untuk jalur kereta ke bandara, yakni mengikuti jalur kereta api arah Semarang dan melalui Stasiun Purwosari.

Salah satu jalur alternatif yang diusulkan yakni lewat Kalioso. Rutenya, dari Stasiun Balapan menuju arah Semarang.

Sesampainya di jembatan layang jalan tol dibuat jalur di samping jalan tol. Jalur baru ini tidak perlu pembebasan lahan karena lahan yang dipakai merupakan aset PT KAI.

Sementara itu, Manager Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya Wijanarka, mengatakan dalam rapat dengan Pemkab Boyolali, Wali Kota Solo F. X. Hadi Rudyatmo, perwakilan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan perwakilan dari PT AP I sudah disepakati mengenai jalur yang akan ditempuh kereta api (KA) bandara.

“Sudah ada kesepakatan lahan dan jalur yang akan dilalui sehingga dari beberapa alternatif desain sudah mulai mengerucut. Setelah ini nanti mengurus izin peruntukan lahan,” ungkap Yaka saat dihubungi Solopos.com, Jumat (28/10/2016).

Dia mengungkapkan belum ada keputusan terkait nilai investasi yang harus ditanggung masing-masing BUMN. Meski begitu, sudah dipastikan PT AP I membangun stasiun di bandara, PT KAI menyediakan KA, dan PT Adhi Karya membangun rel KA.

Berita Terkait

Berita Terkini

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo, Ini Keunggulannya

PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Solo pada Selasa (22/6/2021).

Tambah Lagi, Total 107 Karyawan Pabrik Sepatu di Jaten Terpapar Covid-19

Karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Jaten yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 107 orang.

Lengkapi Barang Bukti, Polisi Sragen Ubek-Ubek Jamban Cari Celana Dalam Bocah Korban Pencabulan Sukodono

Polisi Sragen mengubek-ubek jamban untuk mencari celana dalam milik bocah korban pencabulan di Sukodono sebagai barang bukti,

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.