SOLOPOS.COM - Pidato Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meresmikan pembangunan Pasar Johar, Jumat (20/10/2017). (Instagram-@hendrarprihadi)

Infrastruktur sekaligus cagar budaya berupa Pasar Johar di Kota Semarang yang pembangunannya sudah dimulai memicu rasa syukur dari masyarakat.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pembangunan Pasar Johar yang merupakan salah satu pasar tradisional di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) membuat warga ramai mengucapkan rasa syukur mereka. Pasalnya, infrastruktur yang terletak di Jl. K.H. Agus Salim, Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang itu juga merupakan cagar budaya penanda sejarah perekonomian di ibu kota Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rasa syukur itu ramai dilontarkan warga dunia maya (netizen) yang kebanyakan mengaku sebagai warga Semarang kala Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengabarkan peresmian pembangunan Pasar Johar melalui media sosial Instagram, Jumat (20/10/2017). Wali kota yang akrab disapa Hendi mengungkapkan Pasar Johar diperkirakan akan dapat kembali digunakan untuk berdagang 2020 mendatang.

“Hari ini [Jumat] pembangunan Pasar Johar dimulai! — Pada tahap ini 400 pekerja disiapkan dan 570 titik pengecoran akan dikebut dalam 10 hari. Targetnya tahun 2020 pedagang sudah bisa kembali menempati #BergerakBersama,” tulis Hendi dengan menyertakan video pidatonya saat meresmikan pembangunan Pasar Johar.

Kabar perbaikan salah satu infrastruktur di Kota Semarang itu lantas dibanjiri ucapan syukur warganet. Mereka berharap bangunan Pasar Johar akan lebih kokoh dibanding sebelumnya lantaran bangunan itu merupakan salah satu dari sekian banyak cagar budaya di Kota Semarang yang patut dijaga eksistensinya. “Alhamdulilah sudah mulai dibangun,” tulis pengguna akun Instagram @novianii93.

“Alhamdulilah Pasar Johar sudah mulai dibangun. Semoga bangunan baru bisa lebih kokoh dari bangunan lama dan tetap menjadi Pasar kebanggaan Warga Jateng @hendrarprihadi,” ungkap pengguna akun Instagram @ekawatianna.

“Alangkah bagusnya bangunan yang ada dipertahankan dan dikokohkan lagi. Untuk mengenang itu bangunan cagar budaya,” tulis pengguna akun Instagram @laskar_jingga.

Sementara itu, pada pidato peresmian pembangunan infrastruktur tersebut, wali kota Semarang mengungkapkan dana yang akan digunakan mencapai Rp720 miliar. “Untuk membangun kembali Pasar Johar itu butuh Rp720 miliar. Mung nggo mbangun Pasar Johar. Tapi yang namanya komitmen kita mulai APBD Rp50 miliar tahun ini sudah mulai jalan. Kita jalan ke Kementrian PUPR, khusus cagar budaya Rp240 miliar mulai tahun depan dibangun Kementerian PUPR,” jelas orang nomor wahid di ibu Jateng tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya