SOLOPOS.COM - Jalur Jl. Jolotundo penghubung Jl. Gajah Raya dam Jl. Kartini dalam pengerjaan. (Youtube.com)

Infrastruktur Semarang berupa jalur jalan tembus Jolotundo meraih bintang 3 Jalan Hijau Indonesia 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG — Jalan tembus Jolotundo yang menghubungkan Jl. Gajah dan Jl. Kartini, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) terpilih sebagai Jalan Hijau Indonesia 2016 peringkat bintang 3 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penghargaan ini merupakan apresiasi atas prestasi Semarang dalam bidang infrastruktur jalan,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kota Semarang Achyani, di Semarang, Senin (14/11/2016).

Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Ir. Yusid Toyib kepada Kepala Dinas Bina Marga Iswar Aminuddin di Jakarta Convention Centre, Minggu (10/11/2016) malam.

Achyani menjelaskan Semarang menjadi satu dari empat penerima penghargaan serupa yang diserahkan pada kesempatan itu, yakni Kabupaten Gresik, PT Trans Marga Jateng, dan Kota Bekasi.

Pemeringkatan jalan hijau, kata dia, adalah sistem untuk menilai sejauh mana upaya mewujudkan jalan berprinsip berkelanjutan agar pengerjaan infrastruktur memperhatikan kaidah-kaidah berkelanjutan.

“Jadi, pemeringkatan ini dilakukan oleh tim dari Kementerian PUPR melalui sejumlah tahapan, seperti pengecekan dokumentasi dan administrasi, dokumen studi kelayakan, dan pelaksanaan,” katanya.

Menurut dia, pemeringkatan jalan hijau itu dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan pembangunan jalan, melindungi alam dan kehidupan sekitar, dan memenuhi kebutuhan dasar manusia.

“Pelaksanaan [pembangunan] jalan tembus Jl. Kartini-Jl. Gajah dinilai pantas mendapatkan penghargaan karena menggunakan material lokal. Reuse dan memperhatikan sistem drainase,” katanya.

Selain itu, kata dia, pembangunan jalur Jolotundo itu dinilai mampu meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bagi pejalan kaki dan yang terpenting sejalan dengan prinsip-prinsip berkelanjutan.

“Yang membuat kami tak kalah bahagia, jalur tembus [Jl. Jolotundo] ini akan dipaparkan oleh Kementerian PUPR sebagai contoh pada konferensi tingkat internasional,” pungkas Achyani.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyambut gembira atas diraihnya penghargaan bintang 3 dari Kementerian PUPR yang membuktikan pengakuan kinerja Dinas Bina Marga Kota Semarang.

“Artinya, Dinas Bina Marga yang membangun jalur Jolotundo sudah benar dan profesional, mulai dari sisi perencanaan atau kajian, perizinan, maupun pelaksanaannya di lapangan,” kata Hendi, sapaan akrabnya.

Ia berharap capaian Dinas Bina Marga itu bisa menjadi contoh seiring dengan komitmennya pada tahun pertama untuk membangun infrastruktur, mulai peningkatan, pengembangan, dan pembuatan jalan baru.

“Penghargaan dari Kementerian PUPR ini merupakan bonus yang diharapkan akan semakin meningkatkan kinerja Dinas Bina Marga dalam melayani kebutuhan masyarakat Kota Semarang,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya