SOLOPOS.COM - Mediasi dilakukan untuk mengatasi polemik antara warga Dusun Blubuk, Sendangsari, Pengasih dan PT Harmak Indonesia karena jalan yang rusak di rumah dinas bupati, Wates Rabu (27/7/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Infrastruktur Kulonprogo yang rusak akan segara diperbaiki.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Mediasi antara warga terdampak dan pihak pengelola pertambangan andesit yang mengakibatkan jalan Dusun Blubuk, Sendangsari, Pengasih, PT Harmak Indonesia digelar di rumah dinas bupati Kulonprogo, Rabu (27//20167). Dari pertemuan ini, pengelola menyatakan bersedia melakukan perbaikan jalan di wilayah tersebut dalam waktu 21 bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seorang perwakilan, Purwanto warga yang hadir dalam mediasi tersebut menyatakan selama ini tidak ada pemberitahuan Harmak akan melakukan perbaikan atas jalan rusak yang merugikan warga ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Selama ini komunikasinya tersumbat, kami lapor pun tapi tidak ada respon,”ujarnya. Akibatnya warga terus merasa resah atas kondisi jalan yang menopang kehidupan sehari-hari mereka.

Terlebih lagi, warga sempat diganggu dengan aksi premanisme yang dilakukan oleh oknum yang mengaku dari pihak Harmak. Ia juga menambahkan tawaran dari pihak Harmak untuk melakukan perbaikan jalan belum diterima. Pasalnya, ia dan sejumlah rekannya masih harus membahas penawaran ini dengan sejumlah warga lainnya. Namun, ia memastikan warga sebenarnya hanya ingin kenyamanan bagi kedua belah pihak.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Nanang Djunaedi menyatakan pihaknya akan menindak tegas aksi premanisme yang dilakukan kepada warga. Selain itu, akan dilakukan pula patroli di kawasan tersebut untuk mencegah kejadian lebih lanjut.Lebih lanjut, ia juga meminta agar warga tidak menutup akses jalan karena jalan tersebut merupakan jalan umum.

“Jika jalan ditutup maka perkaranya akan jadi berbeda,”ujarnya.

Nanang menambahkan papan protes juga sebaiknya diturunkan agar tidak meberikan kesan yang buruk bagi pengguna jalan yang melintas. Terlebih lagi, ruas jalan tersebut sering dilewati oleh para wisatawan yang akan menuju sejumlah objek wisata di kawasan utara Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya