INFRASTRUKTUR KLATEN : Pagar SMPN 2 Prambanan Kembali Roboh

INFRASTRUKTUR KLATEN : Pagar SMPN 2 Prambanan Kembali Roboh

SOLOPOS.COM - Pagar SMPN 2 Prambanan, Desa Pereng, Kecamatan Prambanan, Klaten, roboh, Sabtu (8/10/2016). Foto diambil Rabu (12/10). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Klaten, setelah roboh pada 2015, pagar SMPN 2 Prambanan, Klaten, roboh lagi sehingga kini gedung sekolah itu hampir tak berpagar.

Solopos.com, KLATEN — Pagar SMPN 2 Prambanan kembali roboh. Kondisi itu membuat bagian belakang sekolah hampir tak berpagar dan rawan pencurian.

Robohnya pagar yang berbatasan dengan sungai tersebut terjadi pada Sabtu (8/10/2016) sore. Pagar roboh sepanjang 20 meter dengan ketinggian sekitar 2 meter.

Sekolah itu berada di bawah perbukitan wilayah Desa Pereng, Kecamatan Prambanan, berbatasan langsung dengan Kabupaten Sleman, DIY. Penjaga sekolah, Timbul, 48, mengatakan sebelum pagar roboh, hujan mengguyur wilayah tersebut hingga membuat volume air sungai meningkat.

Selain itu, limpasan air dari kawasan perbukitan di depan sekolah membuat tanah di sekitar pagar mudah bergerak. Kondisi itu membuat struktur pagar rapuh hingga mudah roboh.

“Saat kejadian itu, saya masih berada di bagian kantin tahu-tahu terdengar suara berisik. Setelah dicek ternyata pagar ambrol,” ungkap dia saat ditemui wartawan di SMPN 2 Prambanan, Rabu (12/10/2016).

Timbul menjelaskan robohnya pagar sekolah bukan kali pertama terjadi. Total panjang pagar belakang sekolah yang roboh mencapai 100 meter hingga saat ini bagian belakang nyaris tak berpagar.

“Pada 2015 lalu sudah roboh. Kemudian sekitar Maret 2016 pagar bagian belakang yang berdekatan dengan ruang laboratorium juga roboh. Kemudian kali ini pagar bagian belakang kembali roboh. Ya bagian belakang itu bangunan yang berbatasan langsung dengan sungai tinggal kantin. Kalau hujan lagi saya khawatir akan roboh,” urai dia.

Pelaksana Humas SMPN 2 Prambanan, Sukarmidi, mengatakan robohnya pagar belakang sekolah sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan (Disdik) dan BPBD Klaten. “Untuk perkembangan selanjutnya seperti apa, itu kewenangan dari kepala sekolah,” kata dia.

Sukarmidi tak menampik robohnya pagar tersebut membuat sekolah rawan pencurian. Ia mengatakan sejak pagar tersebut roboh, sudah dua kali sekolah itu disatroni maling.

Pada Mei, sekolah tersebut disatroni maling. Akibatnya, uang yang disimpan di laci meja ruang koperasi sekitar Rp1 juta raib digondol maling. “Kemudian sekitar dua pekan lalu juga sempat ada yang mau mencuri. Tetapi, tidak ada barang yang hilang,” urai dia.

Kepala Disdik Klaten, Pantoro, sudah menerima laporan terkait kerusakan pagar SMPN 2 Prambanan. Ia mengatakan dana perbaikan pagar tersebut sudah disiapkan. “Ada dua sekolah yang akan dibantu yakni SMPN 2 Prambanan dan SD Krakitan. Semuanya perbaikan pagar yang roboh dengan anggaran sudah masuk di APBD Perubahan 2016,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

Video seorang anggota keluarga pasien Covid-19 yang meninggal mencoba menusuk nakes RSUD Ambarawa beredar viral di media sosial. Polda Jateng beri penjelasan.

Digerebek Petugas, Nasib PKL Di Purwodadi Berakhir Bahagia

Kedatangan petugas gabungan membuat pedagang dan sejumlah pembeli yang lagi nongkrong di warung PKL angkringan dekat Stadion Purwodadi kaget.