Tutup Iklan

INFRASTRUKTUR KARANGANYAR : Kurangi Angka Kriminalitas, Colomadu Tambah Penerangan Jalan

INFRASTRUKTUR KARANGANYAR : Kurangi Angka Kriminalitas, Colomadu Tambah Penerangan Jalan

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerangan jalan umum (JIB/Bisnis/Rachman)

Pembangunan wilayah Colomadu, Karanganyar salah satunya dengan cara mengurangi angka kriminalitas.

Solopos.com, KARANGANYAR-Pemerintah Kecamatan Colomadu, Karanganyar akan menambah jumlah lampu penerangan jalan umum (LPJU). Salah satu tujuannya untuk mengurangi angka kriminalitas di wilayah tersebut.

Camat Colomadu, Sri Suboko mengungkapkan di sepanjang ruas jalan perempatan Colomadu ke arah utara menuju Bandara Adi Soemarmo, akan ada penambahan 24 titik lampu penerangan jalan. Harapannya kondisi jalan akan semakin terang pada malam hari. “Kalau yang 24 titik ini sudah pasti,” jelasnya saat ditemui solopos.com di Kantor Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Sabtu (23/5/2015).

Suboko juga sudah meminta pemerintah Desa Ngasem, Keamatan Colomadu untuk mengajukan proposal permintaan pemasangan LPJU di wilayah Desa Ngasem. Menurutnya, pemasangan lampu di wilayah itu penting dilakukan karena hingga saat ini belum ada penerangan jalan yang memadai di wilayah tersebut. “Harapannya juga untuk mengurangi terjadinya angka kriminalitas di wilayah itu,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dusun Pucung, Desa Bolon, Wiyono berharap pemerintah segera memasang LPJU di ruas jalan utama Desa Bolon sepanjang kurang lebih 3,5 km. Pasalnya hingga kini, belum ada lampu penerangan jalan yang memadai. “Selama ini warga Bolon sudah menunaikan kewajibannya membayar pajak. Seharusnya hak warga Bolon juga dipenuhi,” terangnya.

Ia mengungkapkan setidaknya dibutuhkan 35 LPJU di ruas jalan utama Desa Bolon. Asumsinya, jarak antara titik lampu satu dengan titik lampu berikutnya sekitar 100 meter. Karena ruas jalan utama panjangnya sekitar 3,5 km, berarti dibutuhkan 35 titik lampu.

Karena tak ada LPJU yang memadai, terangnya, pengguna jalan hanya mengandalkan lampu dari kendaraannya pada malam hari. Akibatnya terkadang ketika melewati jalan yang berlubang, ada pengguna jalan yang hampir jatuh. Terlebih di pertigaan Desa Bolon, selama ini sering terjadi kasus kecelakaan.

Kepala Desa Bolon, Muhadi mengatakan karena jumlah lampu penerangan jalan belum memadai, selama ini kadang terjadi kasus kriminalitas di jalan. “Karena jalannya gelap, pelaku kriminalitas lebih leluasa melakukan aksinya,” katanya.
Suboko menambahkan pemasangan LPJU merupakan bagian dari upaya mempercantik wajah wilayah Colomadu. Selain pemasangan LPJU, pemerintah juga merencanakan perbaikan jalan dari perempatan Colomadu ke selatan yang kini kondisinya rusak.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.