INFRASTRUKTUR KARANGANYAR : Jalan di Colomadu Digelontor Anggaran Rp35 Miliar

Infrastruktur Karanganyar, pemerintah pusat menganggarkan Rp35 miliar untuk jalan di Colomadu.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Ruas-ruas jalan di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, digelontor dana Rp35 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk membedah dan melebarkan ruas Jl. Adisucipto, jalan Colomadu-Kalipati (Kartasura), jalan Colomadu-Ngasem (Boyolali), dan jalan menuju Bandara Adi Soemarmo. Penjelasan tersebut disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat diwawancarai wartawan, Jumat (24/3/2017). "Tahun ini dikerjakan. Dari prapatan [perempatan] Colomadu ke empat ruas," ujar dia.

Peningkatan kualitas jalan di perempatan Colomadu diharapkan semakin mendorong kemajuan di wilayah itu. Colomadu diakui Bupati adalah kawasan yang sangat strategis.

"Nanti keempat ruas jalan itu dibedah, diperlebar. Baik ruas yang ke arah Kartasura, Jl. Adisucipto, ruas ke barat, dan ruas ke utara. Kami usulkan ini agar jalan lebih sempurna," imbuh dia.

Yuli, panggilan akrabnya, mengatakan keberadaan infrastruktur jalan yang lebar diharapkan dapat menarik para investor. "Kami harus bisa menangkap peluang agar lebih maju," kata dia.

Tak hanya Colomadu, menurut dia, pembangunan infrastruktur juga dilakukan di Gondangrejo tahun ini. Infrastruktur yang dibangun berupa jembatan Sungai Bengawan Solo di Kragan, Gondangrejo.

Pembangunan jembatan penghubung Gondangrejo dengan Kebakkramat itu menggunakan dana pemerintah pusat senilai Rp40 miliar. Infrastruktur yang baik mendukung pengembangan wilayah.

"Kalau proyek PG Colomadu juga bisa segera dimulai bisa semakin menangkap peluang yang ada," tutur dia.

Tapi Yuli mengaku tidak tahu sejauh mana progres proyek PG Colomadu. Sedangkan untuk infrastruktur pertanian berupa waduk masih dalam pengerjaan yaitu Waduk Gondang di Kerjo. Di kawasan sabuk hijau waduk itu akan ditanami aneka buah-buahan nasional.

"Pak Presiden pernah rasan-rasan dengan Pak Menteri PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] saat berkunjung ke lokasi waduk. Kebun buah-buahan akan mempercantik waduk di samping sebagai fungsi irigasi," kata dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Karanganyar, Edy Sriyatno, saat dihubungi Solopos.com mengonfirmasi rencana pelebaran ruas-ruas jalan di Colomadu. Tapi Dinas PUPR sebatas dimintai masukan terkait desain peningkatan ruas-ruas jalan itu. "Anggarannya dari APBN dan dikelola Pemprov Jateng. Kami hanya beri masukan," ujar dia.

Edy mengusulkan empat ruas jalan tersebut dibuat menjadi empat lajur dari Prapatan Colomadu. Bagian jalan yang dibuat empat lajur itu setidaknya hingga 200 meter di masing-masing ruas.

"Saya juga minta untuk Jl. Adisucipto dibuat trotoar setidaknya lebar satu meter. Selebihnya dipenuhi aspal. Saya juga minta badan jalan di depan Hotel Alana dilebarkan," tambah dia.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom