INFRASTRUKTUR JOGJA : Kejar Adipura, Pemkot Desak Pemda Perbaiki Pengelolaan TPAS Piyungan
Gunungan sampah di TPA Piyungan, Senin (11/5/2015). (JIBI/Harian Jogja/Arief Junianto)

Infrastruktur Jogja ditarget segera diperbaiki.

Solopos.com, JOGJA -- Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jogja, Suyana menyebut pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Piyungan menjadi salah satu penyebab kegagalan meraih Piala Adipura.  Karena itu, ia mendesak Pemda DIY utuk memperbaiki pengelolaan TPAS Piyungan karena TPAS tersebut dikelola Pemda sejak 2015 lalu.

“Pemda DIY harus bergerak cepat, karena kita butuh nilai itu [penilaian TPAS Piyungan],” kata Suyana seusai Workshop Workshop Program Adipura dan Pengelolaan TPAS di Balai Kota Jogja, Rabu (31/8/2016). Workshop tersebut mengahdirkan perwakilan dari Kementrian Lingkungan Hiudup dan Pemda DIY.

Suyana mengatakan sudah tiga tahun berturut-turut Pemerintah Kota Jogja gagal memperoleh Piala Adipura. Piala sebagai simbol keberhasilan kota dan kabupaten dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup tersebut sebelumnya diraih Pemkot tujuh tahun berturut-turut pada 2013 kebelakang.

Dari hasil kajian dan inventarisasi persoalan kegagalan tersebut, kata Suyana, salah satunya karena faktor pengelolaan TPAS Piyungan yang belum maksimal.

“Padahal bobot penilaian [standar Piala Adipura] ini TPAS paling tinggi, kedua pasar, terminal, sekolah, dan rumah sakit,” ujar dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom