SOLOPOS.COM - Nelayan melakukan perawatan kapal jenis porse seine miliknya yang ditambatkan di Pelabuhan Prigi, Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (21/12/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Infrastruktur Jatim yakni Pelabuhan Prigi akan segera dibangun.

Madiunpos.com, SURABAYA – Pembangunan Pelabuhan Prigi yang ada di pesisir laut selatan Kabupaten Trenggalek segera direalisasikan setelah Gubernur Jawa Timur Soekarwo bertemu dengan Pemerintah Pusat di Jakarta beberapa waktu lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya sudah bertemu dan membicarakannya dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait Pelabuhan Prigi yang harus segera dibangun,” ujar Gubernur kepada wartawan di Surabaya, pekan lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan pembangunan Pelabuhan Prigi diharapkan selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan Jalan Lintas Selatan yang akan menyambungkan Pacitan hingga Banyuwangi pada 2019.

“Ini juga merupakan bagian dari paket percepatan pembangunan pesisir selatan selain pembangunan Jalan Lintas Selatan dan pembangunan Bandara Purboyo di Malang Selatan,” ucap Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo.

Dengan dibangunnya pelabuhan di Trenggalek, kata dia, diharapkan mampu mempermudah arus barang keluar masuk Jawa Timur, khususnya dari pantai selatan sehingga tidak perlu ke Tanjung Perak.

“Ini juga untuk mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Batubara di Pacitan yang selama ini sulit masuk karena tidak ada pelabuhan besar di Pantai Selatan,” ucap dia.

Selain itu, hasil ikan tangkapan para nelayan di pesisir selatan juga akan semakin mudah untuk didistribusikan.

Sebelumnya, Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak menyampaikan mulai 2017 akan dibangun pelabuhan antarpulau di Teluk Prigi untuk mempermudah arus distribusi ekonomi dari wilayah pesisir selatan Jawa menuju daerah-daerah lain di Indonesia melalui jalur laut.

Ia mengatakan Sselain menjadi pintu masuk kapal barang, pelabuhan antarpulau yang lokasinya berdekatan dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi juga akan menjadi titik dermaga bagi kapal-kapal penumpang.

Menurut dia, dipilihnya Teluk Prigi patut disyukuri karena ditunjuk sebagai lokasi pelabuhan antarpulau di kawasan pesisir selatan Jawa.

“Itu menunjukkan bahwa Prigi sebagai daerah yang paling strategis yang bisa menjadi pintu arus barang masuk maupun keluar dari koridor selatan Yogyakarta-Prigi-Malang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya