SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek pembangunan jalan (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Infrastruktur jalan tol rencana dibangun di wilayah Jateng, dari Bawen-Jogja.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pembangunan infrastruktur jalan tol yang menghubungkan Bawen, Jawa Tengah (Jateng) dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipastikan molor. Hal itu disebabkan karena hingga saat ini pembangunan belum dilakukan dan masih dalam proses penentuan trase atau jalur yang akan dilewati.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Trase-trase penentuan jalannya itu masih ditentukan dan dalam pengerjaan oleh konsultan. Tahun ini selesai, lalu dilelangkan,” ujar Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBJPN) VII Semarang, Achmad Herry Marzuki, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/12/2017).

Proses perencanaan ini, lanjut Achmad, akan dikebut guna mencapai target pembangunan yang dimulai tahun 2019.

Bersamaan dengan adanya penyelesaian proses itu, Ia mengatakan bahwa pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan secara paralel menyelesaikan kajian detail enginering design (DED).

“Kalau sudah selesai, baru ada penetapan lokasi. Penetapan lokasi nanti oleh pak gubernur, setelah itu baru sosialisasi dan pembebasan lahan,” lanjutnya.

Sekretais Daerah Pemprov Jateng, Sri Puryono mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dan DIY sedang bersama-sama menyusun trase terbaik untuk jalan Tol Bawen-Jogja. Namun, kedua provinsi belum menemui sepakat, terutama terkait jalur di sekitar Borobodur karena sejumlah kendala.

“Kendalanya sebagian besar lokasi itu perbukitan dan permukiman. Jadi jangan sampai jalan tol itu ada kesan masyarakat yang dirugikan,” imbuhnya.

Puryono pun menekankan perlunya sosialisasi bahwa tol akan memberikan akses dan pertumbuhan ekonomi daerah yang luar biasa.

Jalan tol Bawen-Jogja direncanakan sepanjang 70 km dan dibagi menjadi dua ruas, yaitu Bawen-Magelang dan Magelang-Jogja. Jalan bebas hambatan ini nantinya tersambung dengan infrastruktur tol di Jateng yang sudah ada, yakni Semarang-Bawen dan rencana Solo-Jogjaa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya