INFRASTRUKTUR JATENG : Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru, Pemprov Klaim Jalanan Bebas Lubang
Ilustrasi kerusakan jalan. (JIBI/Solopos/Dok.)

Infrastruktur di Jawa Tengah (Jateng) berupa jalan raya diklaim telah bebas lubang guna menghadapi libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Solopos.com, SEMARANG Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengklaim bahwa jalanan di Jateng hampir seluruhnya telah bebas lubang dan siap menghadapi arus kendaraan pada musim libur Natal 2016 dan Tahun baru 2017.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Bina Marga Jateng, Bambang Nugroho, pada Rapat Koordinasi Forkopimda mengenai Persiapan Libur Natal dan Tahun Baru di Ruang Rapat Lantai II Kantor Gubernur Jateng, Jumat (23/12/2016).

Bambang mengaku telah mengidentifikasi jalan nasional yang berlubang, antara lain di ruas jalan Banyumas-Klampok-Banjarnegara-Wonosobo-Parakan. Hingga 18 Desember pihaknya mencatat ada sekitar 1.242 lubang dan sudah diperbaiki atau ditutup hingga 1.165 lubang atau masih tersisa 77 lubang. Sisa lubang ini pun rencana akan segera ditutup sehingga pada Jumat (23/12/2016) seluruh lubang sudah selesai diperbaiki.

Sementara pada ruas jalan lainnya, yang mengalami kerusakan atau banyak lubang, seperti di ruas jalan nasional Karang Nongko–Purworejo–Buntu–Purwokerto–Ajibarang–Wangon sepanjang 275 kilometer, dari 387 lubang yang ada, hingga 22 Desember sudah tertutup 95% dan ditarget selesai ditutup seluruhnya pada Jumat malam. Sedangkan di ruas jalan nasional Losari–Tegal–Slawi–Pejagan dan Prupuk–Ajibarang-Wangon, dari 2.467 lubang, sudah tertutup 1.984 lubang pada 22 Desember. Kekurangannya sebanyak 483 lubang, ditargetkan juga tertutup pada Jumat malam.

Keseluruhan, imbuh Bambang, kondisi jalan di seluruh wilayah Jawa Tengah, seperti di jalur utama pantira, jalur alternatif atau penghubung, jalur tengah, jalur selatan, maupun jalur jalan lintas selatan (JJLS) sudah cukup baik. Hanya sebagian yang masih dalam pemeliharaan, namun bisa difungsikan untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas pada libur panjang mendatang.

“Secara umum [jalan di Jawa Tengah] bebas lubang. Tapi belum semuanya nyaman,” ungkap Bambang seperti dilansir situs resmi Pemprov Jateng, Sabtu (24/12/2016).

Berbeda dengan mudik Lebaran lalu, kata Bambang, pada liburan kali ini tol Bawen-Salatiga dan tol Solo-Kertosono tidak dibuka untuk umum. Pasalnya, masih ada pekerjaan yang belum terselesaikan, sehingga pengguna jalan bisa melalui jalan utama atau jalur alternatif yang sudah ada.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom