SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerangka jalan (JIBI/Bisnis/Dok.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Jumat (24/2/2017) lalu, menandatangani kontrak kerja pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tahun anggaran 2017 di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Ciptakarya Jateng. Nilai kontrak itu lebih dari Rp20 miliar.

“Kontrak kerja yang ditandatangani tersebut merupakan bidang pelaksana jalan wilayah timur dan wilayah barat,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Bambang Nugroho.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia memerinci di wilayah timur dilakukan pekerjaan paket peningkatan Jalan Nguter-Wonogiri dengan nilai kontrak senilai Rp13,4 miliar. Sedangkan di wilayah barat, diperuntukkan paket peningkatan Jalan Pemalang-Randudongkal Kabupaten Pemalang dengan nilai kontrak senilai Rp7,8 miliar.

Secara garis besar, sambung dia, Dinas PU, Bina Marga dan Ciptakarya Jateng pada tahun 2017 ini mendapat alokasi dana untuk pekerjaan konstruksi, pengadaan barang/jasa, dan jasa konsultasi senilai Rp849,5 miliar. “Anggaran tersebut dibagi untuk pengadaan langsung sebesar Rp27 miliar dan untuk lelang umum/seleksi umum sebesar Rp822,4 miliar dengan perincian pekerjaan konstruksi Rp748,4 miliar, pengadaan barang/ jasa Rp54,7 miliar dan jasa konsultansi Rp19,1 miliar,” ujarnya.

Menurut dia, implementasi dari alokasi dana tersebut dalam program dan kegiatan pengadaan konstruksi 2017, dibagi menjadi lima bidang pekerjaan, yaitu pemeliharaan rutin jalan sepanjang 2.261,851 km, rehabilitasi jalan yang rusak, peningkatan jalan dan penggantian jembatan provinsi, pemeliharaan rutin jembatan, dan rehabilitasi jembatan dan gorong-gorong di seantero Jateng.

Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Jateng memiliki 490 paket pekerjaan dengan pembagian di pokja dinas sebanyak 56 paket dengan perincian 46 paket konstruksi dan 10 paket konsultansi, sedangkan untuk pokja ULP ada 222 paket dengan perincian 106 paket konstruksi dan 21 paket konsultansi ditambah 95 paket barang/ jasa. “Untuk paket pengadaan langsung terdapat 212 paket yang pelaksanaannya dengan cara lelang di pokja BPTJ masing-masing,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa melalui paket-paket pekerjaan jalan dan jembatan diseluruh wilayah Jateng, pemprov terus bergerak mewujudkan pembangunan infrastruktur yang mendukung kesejahteraan warganya. “Dengan ditandatanganinya kontrak kerja ini, maka pembangunan infrastruktur di Jateng semakin dipercepat dan ditingkatkan pengembangannya,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya