SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Infrastruktur Jateng berupa jalan tembus dari Banjarnegara ke Kebumen akan dibuka.

Semarangpos.com, SEMARANG – Jalan tembus yang menghubungkan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Kebumen yang melalui ruas Srisip-Sadang, segera dibuka oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah guna mempermudah jalur perekonomian bagi masyarakat.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Kita memang berencana membuka jalan tembus Banjarnegara-Kebumen dan tahun ini dianggarkan Rp12,5 miliar [untuk tahap awal],” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jumat (19/2/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait dengan rencana tersebut, Ganjar meminta agar proses pembukaan jalan tembus Banjarnegara-Kebumen lebih tertata dan serius.

Ganjar menjelaskan salah satu izin pembukaan jalan tembus Banjarnegara-Kebumen ada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena sebagian lahan milik Perhutani.

“Kalau buat saya malah ‘beneran’ jika kewenangannya ada di Pemerintah Pusat, nanti biar perencanaannya dilakukan teman-teman di Banjarnegara dan Kebumen, setelah itu kita dorong,” ujarnya.

Ganjar mengaku siap memfasilitasi pembicaraan dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya terkait perizinan pembukaan jalan tembus Banjarnegara-Kebumen.

Menurut Ganjar, pembangunan jalan tembus Banjarnegara-Kebumen nantinya akan menggunakan perpaduan konstruksi aspal dan beton berdasarkan kontur tanah.

“Jalan tembus Banjarnegara-Kebumen paling cepat dua tahun dan kalau ini bisa dilewati maka jalur ekonominya luar biasa,” katanya.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banjarnegara, Kamis (18/2/2016) petang, Ganjar sempat meninjau langsung lokasi yang akan dibangun jalan tembus Banjarnegara-Kebumen di ruas Srisip-Sadang.

Dengan membonceng sepeda motor jenis trail milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, Ganjar menyusuri ruas jalan setapak sepanjang kurang lebih 3 kilometer dengan medan yang cukup berat.

Jalan setapak yang dilalui orang nomor satu di Jawa Tengah itu berupa jalan berlumpur, batuan, serta tanjakan dan turunan yang cukup curam di tengah hutan pinus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya