SOLOPOS.COM - Pengaspalan (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Infrastruktur Gunungkidul berupa jalan mendapatkan alokasi Rp22 miliar untuk perbaikan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Gunungkidul harus menelan pil pahit. Upaya untuk percepatan perbaikan jalan rusak di tahun ini terkendala anggaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu tak lepas dari gelontoran Dana Alokasi Khusus fisik dari pemerintah pusat yang hanya disetujui Rp22 miliar. Padahal dalam perencanaan di 2017, dinas mengajukan alokasi sebesar Rp100 miliar.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Gunungkidul Eddy Praptono membenarkan jika DAK yang diminta tidak sesuai dengan harapan. Sebab antara perencanaan dengan realiasi berbeda. “Kita rencanakan Rp100 miliar, tapi yang disetujui hanya Rp22 miliar,” katanya, kemarin.

Menurut dia, meski berpengaruh terhadap program kegiatan yang dimiliki pemkab. Namun secara prinsip tidak menjadi masalah karena pemberian dana tersebut disesuaikan dengan skala prioritas yang dimiliki Pemerintah Pusat.

“Fokusnya kan untuk perbaikan infrastruktur di ruas jalan nasional, mulai pembangunan tol hingga pembangunan ruas jalan trans di luar Jawa. Meski demikian, alokasi dana yang disediakan tetap digunakan semaksimal mungkin,” paparnya.

Eddy mengungkapkan, proses perencanaan DAK di 2017 meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan perencanaan di  tahun sebelumnya. Sebab di 2016 lalu, pemkab hanya merencanakan sebesar Rp48 miliar, sedangkan di tahun ini mencapai Rp100 miliar, meski realisasinya hanya sebesar Rp22 miliar.

“Pertimbangan untuk minta lebih tidak lepas dari permintaan di 2016 sebesar Rp48 miliar dapat disetujui semua. Tapi setelah melakukan perencanaan dinaikan ternyatan yang diberikan tidak sesuai harapan,” kata Eddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya