SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kartasura (Espos)–Efek samping merebaknya perumahan baru mulai dirasakan oleh beberapa desa di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Sejumlah jalur jalan di sekitar lahan perumahan baru kini rusak dan belum ditangani.

Buruknya kondisi jalan adalah salah satu efek yang kini dikeluhkan oleh Kepala Desa  Gonilan, Suyatno, beberapa waktu terakhir. Hampir seluruh ruas Jalan Rajawali Raya, yang merupakan jalan desa, rusak parah setelah berkali-kali dilalui oleh truk-truk pengangkut material bangunan.
“Kami sangat menyayangkan hal ini. Ini memang jalan desa, tapi kami meminta tanggung jawab juga dari pihak pengembang untuk ikut memperbaiki jalan,” kata Suyatno, saat ditemui Espos di kantornya, Selasa (13/4).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia menginginkan pihak pengembang juga ikut bertanggungjawab karena mereka menjadi pengguna jalan dalam setiap pembangunan perumahan baru. Menurutnya, pihaknya sudah berusaha menghubungi dua pengembang yang melakukan pembangunan di wilayah Desa Gonilan.
Rencananya, kemarin kedua pengembang tersebut datang di Balai Desa Gonilan untuk membahas kerusakan jalan. Namun hingga sekitar pukul 13.00 WIB, keduanya belum juga datang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebenarnya saat saya hubungi, mereka menyatakan kesanggupannya. Tapi ya baru sebatas itu saja dan belum ada tindak lanjutnya,” lanjutnya.
Suyatno mengatakan, tidak bermaksud menghalangi, namun hanya meminta mereka ikut menanggung dampak lingkungan yang ditimbulkan dari pembangunan perumahan. Menurutnya, sebenarnya pihaknya bisa saja melaporkan hal tersebut ke Satpol PP Sukoharjo. Jika itu dilakukan, bisa saja timbul konsekuensi besar bagi pengembang seperti peninjauulangan izin usaha.

ama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya