SOLOPOS.COM - Kondisi eternit Kantor Bupati Boyolali yang jebol, Jumat (12/2/2016). Eternit jebol karena dak bangunan tersebut bocor. (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Boyolali yakni Kantor Bupati mulai rusak kendati baru berumur 2,5 tahun.

Solopos.com, BOYOLALI — Eternit Kantor Bupati Boyolali yang ada di Komplek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali di Kemiri, Mojosongo, rusak. Padahal bangunan tersebut baru berusia 2,5 tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Eternit gedung bagian teras jebol selebar kira-kira 0,5 meter x 1 meter. Ada bekas lapuk pada eternit tersebut. Menurut penuturan seorang pekerja yang sedang mengecat ulang kantor tersebut pada Jumat (12/2/2016), eternit sudah jebol sejak sepekan lalu.

Eternit yang jebol tepat berada di depan pintu masuk ruang bupati. “Kira-kira sudah ada sepekan. Gipsumnya lapuk karena ada kebocoran pada bagian dak, akhirnya jebol,” kata pekerja tersebut.

Berdasarkan pantauan, cat pada tembok bangunan itu terlihat mulai lapuk. Sejumlah pekerja memperbarui cat terutama pada bagian depan. Menurut Pj Bupati Boyolali, Sri Ardiningsih, kerusakan pada kantor bupati akan segera diperbaiki dengan anggaran pemeliharaan.

Seperti diketahui, Kantor Bupati Boyolali dibangun dengan anggaran tahun 2013 dan ditempati oleh Bupati Boyolali periode 2010-2015, Seno Samodro, pada Agustus 2013. Artinya, usia bangunan tersebut belum ada tiga tahun.

“Kami kurang paham penyebab kerusakan eternit itu karena sangat teknis. Yang jelas kerusakan itu alami karena sudah beberapa tahun ditempati, mungkin pengaruh musim atau tingginya intensitas hujan di Boyolali,” kata Sri, Jumat.

Kondisi serupa pernah terjadi di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Boyolali yang juga baru dibangun di kompleks Kemiri, awal tahun lalu. Eternit Kantor Bappeda jebol padahal kantor tersebut baru dua tahun ditempati.

Wakil Ketua DPRD Boyolali, Fuadi, mengatakan kerusakan kantor baru yang menjadi proyek mercusuar Bupati Seno, bukan sekali ini terjadi.

Tahun lalu, lembaga legislatif bahkan sampai menggelar inspeksi mendadak ke RSUD Pandanarang Boyolali untuk melihat kasus yang sama, yakni eternit jebol di ruang direktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya