INFRASTRUKTUR BOYOLALI : 4 Jalur Evakuasi Gunung Merapi Rusak Parah

 Ilustrasi perbaikan jalan (JIBI/Solopos/Dok.)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan (JIBI/Solopos/Dok.)

Infrastruktur Boyolali, ada empat jalur evakuasi Gunung Merapi rusak parah.

Solopos.com, BOYOLALI–Dinas Pekerjaan Umum ESDM Boyolali mencatat sedikitya empat jalur evakuasi Gunung Merapi rusak parah akibat maraknya penambangan galian C. Pemkab tahun ini akan memperbaiki tiga jalur yang rusak tersebut dengan menggunakan dana APBD 2016.

Kabid Bina Marga DPU ESDM Boyolali, Nyoto Widodo, mengatakan keempat jalur evakuasi Gunung Merapi yang rusak parah tersebut yakni di Desa Tlogolele (Selo), Jrakah (Selo), Desa Sumur (Musuk), dan Gedangan (Cepogo). Perbaikan empat jalur evakuasi itu masuk program prioritas perbaikan infrastruktur daerah tahun ini.

“Keempat jalur evakuasi itu kondisinya sangat rusak parah. Sejak pertama dibangun jalur evakuasi sampai sekarang belum pernah diperbaki,” ujar Nyoto saat ditemui wartawan di DPRD, Minggu (10/4/2016).

Nyoto mengatakan jalur itu merupakan satu-satunya jalan utama untuk menyelamatkan warga ketika terjadi bencana erupsi Gunung Merapi. Terkahir pada erupsi Gunung Merapi 2010 jalur itu sangat penting bagi warga yang tinggal di lereng Merapi.

“Pemkab tahun ini mengutamakan perbaikan empat jalur evakuasi yang rusak itu untuk segera diperbaiki. Perbaikan jalur itu rencananya dibeton dengan ketebalan jalan 15 sentimeter, bukan lagi diaspal seperti kondisi jalan lama,” kata dia.

Ia mengatakan total ada belasan jalur evakuasi di Boyolali. Namun, yang rusak parah hanya empat jalur evakuasi. Kerusakan keempat jalur evakuasi itu terjadi karena sering dijadikan sebagai jalur truk penambang galian C di lereng Gunung Merapi.

“Perbaikan empat jalur evakasi itu akan kami mulai pertengahan April,” kata dia.

Nyoto menjelaskan perbaikan empat jalur ini tidak dilakukan dengan sistem lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Perbaikan dilakukan dengan sistem penunjukkan karena dananya di bawah Rp200 juta.

DPU ESDM, kata dia, tahun ini telah menyiapkan 92 paket proyek infrastruktur mulai dari perbaikan dan pembangunan jalan jembatan, pemeliharaan dan peningkatan jalan jembatan, serta pembanguan saluran drainase dan talut.

“Perbaikan infrastruktur jalan rusak di Boyolali akan mulai dilakukan mulai April-Mei,” kata dia.

Sementara itu, Kepala DPU ESDM Boyolali, M.Qodri, mengatakan perbaikan jalan yang anggarannya di bawah Rp200 juta akan lebih dulu diutamakan untuk segera dilaksanakan. Pelaksanaan perbaikan jalan itu dengan sistem penunjukkan mudahkan pemkab untuk segera memperbaikinya.

Berita Terkait

Espos Plus

Berita Terkini

Prediksi Skor dan Line Up Leicester City vs Tottenham Hotspur

Leicester City akan menghadapi Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Premier Inggris.

8 Pengungsi Rohingya Kabur dari Lokasi Penampungan

Delapan imigran Rohingya yang kabur tersebut diketahui Selasa (18/1/2022) malam sekitar pukul 19.30 WIB.

Dompet dan Tas Tangan Wanita Merek Louis Vuitton Dimusnahkan, Kenapa?

DJKI Kementerian Hukum dan HAM memusnahkan tas troli, tas tangan wanita, tas tangan makeup, dan dompet wanita bermerek Louis Vuitton karena palsu.

Harga Minyak Goreng, Ritel Modern di DIY Terapkan Rp14.000

Kebijakan satu harga minyak goreng Rp14.000 kemasan liter mulai berlaku di ritel modern di DIY.

Anggota TNI di Jakarta Terbunuh oleh Geng Pemuda

Polisi sudah menangkap tujuh dari delapan anggota kelompok pengeroyok anggota TNI, S, 23, hingga menyebabkan korban meninggal dunia.

+ PLUS Bom Tawa Pernah Meledak-Ledak di Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang Solo memang pernah menjadi pusat kesenian dan hiburan. Grup lawak Srimulat pernah berbasis di Taman Balekambang. Pelawak Gepeng meniti karier dari Taman Balekambang Solo.

Viral Foto KTP Dijual di NFT, Ini Kata Guru Besar Tempat Ghozali Kuliah

Guru besar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menanggapi viralnya data pribadi atau foto KTP yang dijual sebagai NFT di situs web OpenSea.

Marak Penolakan Kenaikan Retribusi Pasar, DKUKMP Klaten Bergeming

Para pedagang protes kenaikan retribusi pasar yang mulai berlaku sejak awal 2022.

Masih Terikat Kontrak, Banyak Pemain Persis Solo Bakal Bertahan

Sejumlah pemain Persis Solo saat ini banyak menghuni klub-klub Liga 1 dengan status pinjaman.

Rumah BUMN, Wujud Dukungan Semen Gresik Untuk UMKM Jateng

Program yang telah dilakukan PT Semen Gresik, yaitu mengoptimalkan fungsi Rumah BUMN dalam mentoring dan kurasi produk UMKM.

Terkendala Ijin, Ratusan Kapal Nelayan di Tegal Tidak Melaut

Nelayan menuntut pemerintah setempat mempercepat proses perizinan melaut bagi eks nelayan kapal dengan alat tangkap cantrang

Pantau Vaksinasi Anak di Boyolali, Puan Bagikan Buku & Kaus Mbak Puan

Puan mendampingi siswa yang divaksin, serta sempat mampir ke kelas untuk berdialog dengan siswa.

Goa Jatijajar Jadi Tambang Fosfat Besar di Masa Penjajahan Jepang

Goa Jatijajar di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pernah menjadi tambang fosfat besar pada masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Negara Rugi Rp3,6 Triliun Gara-Gara Kasus Korupsi Garuda Indonesia

Jaksa Agung, Sanitiar (ST) Burhanuddin, mengungkap kerugian sementara negara akibat kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan dan penyewaan pesawat PT Garuda Indonesia Rp3,6 triliun.

Bappeda Sragen Pertanyakan Sedikitnya Jumlah Sampel Susenas 2021

BPS Sragen hanya menggunakan 870 dari total 339.065 rumah tangga di Sragen sebagai sampel survei sosial ekonomi nasional (Susesnas) 2021. Bappeda Sragen mempertanyakan sedikitnya jumlah sampel itu.