INFRASTRUKTUR BATANG : DPRD Ingatkan Perlunya Akses Pelabuhan Niaga ke Jalur Pantura

INFRASTRUKTUR BATANG : DPRD Ingatkan Perlunya Akses Pelabuhan Niaga ke Jalur Pantura

SOLOPOS.COM - Pelabuhan Niaga Batang. (imgstat.us)

Infrastruktur Batang dinilai DPRD setempat perlu didukung akses pelabuhan niaga ke jalur pantura.

Solopos.com, BATANG — Komisi D DPRD Kabupaten Batang mengingatkan eksekutif pemerintahan tentang perlu adanya infrastruktur penunjang, serta regulasi akses atau jalur jalan penghubung antara pelabuhan niaga ke jalur jalan pantai utara (pantura) Pulau Jawa. Menurut legislator, sarana jalan itu mestinya dibangun sebelum pelabuhan dioperasikan April 2018.

"Pengoperasian Pelabuhan Niaga Batang, tentunya sangat besar manfaatnya bagi pemkab karena selain dapat menjadi daya tarik investor juga meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Kendati demikian, kami berharap pada unit penyelenggara pelabuhan niaga perlu menyiapkan infrastruktur pendukungnya agar tidak merugikan masyarakat," kata Ketua Komisi D DPRD, Tovani Dwi Arianto, Selasa (13/2/2018).

Menurut dia, DPRD mendukung pengoperasian pelabuhan niaga tersebut namun perlu adanya akses penghubung menuju pelabuhan yang direncanakan melalui Pantai Sicepit Kelurahan Kasepuhan itu. "Sekarang ini, hanya ada jalan kabupaten saja yang hanya bisa dilalui kendaraan yang nantinya untuk bongkar muat barang ," katanya.

Ia mengatakan unit penyelenggara Pelabuhan Kelas III Batang dapat berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten terkait kesiapan infrastruktur jalan penghubung dengan jalur pantura. Hal itu, kata dia, cukup mendesak direalisasikan agar tidak merugikan atau memunculkan masalah atau saling menyalahkan karena jika harus menunggu sampai akses jalan pelabuhan siap, tentunya akan memerlukan waktu yang relatif cukup lama.

Kepala Kantor Unit Pelabuhan Kelas III Batang, Hendrik Kurnia Adi mengatakan letak pelabuhan niaga sangat berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Klidang Lor sehingga akses keluar dan masuk kendaraan berat menjadi pekerjaan rumah penyelenggara pelabuhan. "Kita sudah menyiapkan jalur lingkar karena nantinya akan memutuhkan akses jalan untuk keluar dan masuk kendaraan berat," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.