SOLOPOS.COM - Pelabuhan Niaga Batang. (imgstat.us)

Infrastruktur Batang dinilai DPRD setempat perlu didukung akses pelabuhan niaga ke jalur pantura.

Semarangpos.com, BATANG — Komisi D DPRD Kabupaten Batang mengingatkan eksekutif pemerintahan tentang perlu adanya infrastruktur penunjang, serta regulasi akses atau jalur jalan penghubung antara pelabuhan niaga ke jalur jalan pantai utara (pantura) Pulau Jawa. Menurut legislator, sarana jalan itu mestinya dibangun sebelum pelabuhan dioperasikan April 2018.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“Pengoperasian Pelabuhan Niaga Batang, tentunya sangat besar manfaatnya bagi pemkab karena selain dapat menjadi daya tarik investor juga meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Kendati demikian, kami berharap pada unit penyelenggara pelabuhan niaga perlu menyiapkan infrastruktur pendukungnya agar tidak merugikan masyarakat,” kata Ketua Komisi D DPRD, Tovani Dwi Arianto, Selasa (13/2/2018).

Menurut dia, DPRD mendukung pengoperasian pelabuhan niaga tersebut namun perlu adanya akses penghubung menuju pelabuhan yang direncanakan melalui Pantai Sicepit Kelurahan Kasepuhan itu. “Sekarang ini, hanya ada jalan kabupaten saja yang hanya bisa dilalui kendaraan yang nantinya untuk bongkar muat barang ,” katanya.

Ia mengatakan unit penyelenggara Pelabuhan Kelas III Batang dapat berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten terkait kesiapan infrastruktur jalan penghubung dengan jalur pantura. Hal itu, kata dia, cukup mendesak direalisasikan agar tidak merugikan atau memunculkan masalah atau saling menyalahkan karena jika harus menunggu sampai akses jalan pelabuhan siap, tentunya akan memerlukan waktu yang relatif cukup lama.

Kepala Kantor Unit Pelabuhan Kelas III Batang, Hendrik Kurnia Adi mengatakan letak pelabuhan niaga sangat berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Klidang Lor sehingga akses keluar dan masuk kendaraan berat menjadi pekerjaan rumah penyelenggara pelabuhan. “Kita sudah menyiapkan jalur lingkar karena nantinya akan memutuhkan akses jalan untuk keluar dan masuk kendaraan berat,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya