SOLOPOS.COM - Merawat PJU (JIBI/Solopos/Dok)

Anggaran sebesar Rp5,4 miliar itu untuk pengadaan lampu sebanyak 169 unit lampu.

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tahun anggaran 2016 menganggarkan sebesar Rp5,4 miliar untuk pengadaan lampu penerangan jalan umum di ruas-ruas jalan daerah ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun ini Dishub Bantul melakukan pengadaan lampu PJU dengan anggaran sebesar Rp5,4 miliar. Seluruhnya sudah kami laksanakan,” kata Kepala Subbagian (Kasubag) Perencanaan Dishub Bantul, Agung Kurniawan seperti dikutip Antara, Selasa (26/7/2016).

Menurut dia, anggaran sebesar Rp5,4 miliar itu untuk pengadaan lampu sebanyak 169 unit lampu jenis konvensional dengan biaya sebesar Rp1,9 miliar dan sebanyak 209 lampu teknologi LED dengan dana sekitar Rp3,5 miliar.

Ia mengatakan, ratusan lampu PJU tersebut dipasang di sejumlah ruas jalan baik jalur alternatif menuju tempat wisata maupun jalur alternatif menuju Kota Yogyakarta, serta sejumlah ruas jalan primer yang jadi akses utama warga.

“Pemasangan lampu PJU tersebar di seluruh 17 kecamatan, namun jalur yang menjadi kewenangan kabupaten, misalnya di suatu kecamatan yang ada jalan kabupaten itu yang pokok, seperti di sempalan Pundong ke timur (Jalan Parangtritis),” katanya.

Ia mengatakan, jenis lampu konvensional dengan lampu LED mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk lampu LED dari segi harga lebih mahal dibanding lampu konvensial, namun biaya pemakaian listrik lebih murah.

“Ada plus-minusnya, kalau LED memang mahal, tetapi efisiensi penggunaan energi listrik dengan daya voltase yang sama. Bahkan LED pencahayaannya lebih terang, misalnya dengan daya 90 watt, namun terangnya setara lampu konvensional 250 watt,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya