SOLOPOS.COM - Lubang tampak menganga di Bendungan Karang, Desa Donotirto, Kecamatan Kretek, Jumat (21/10/2016) siang. (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)

Infrastruktur Bantul berupa bendungan di Donotirto jebol.

Harianjogja.com, BANTUL — Dinding bendungan Karang di kawasan Desa Donotirto jebol, Kamis (21/10/2016) petang.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Disampaikan oleh Kepala Seksi Operasi Jaringan Irigasi Dinas Sumber Daya Air (SDA) Bantul Yitno, dinding bendung itu kemungkinan besar jebol karena faktor pergerakan tanah. Dari pantauan singkat, bendungan itu dibangun di atas tanah dengan kontur berpasir.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sehingga dengan tekanan air yang besar, bisa menyebabkan bangunan bendung pun bergeser,” ucapnya saat dihubungi wartawan, Jumat (21/10/2016) siang.

Selain itu, dia menduga proyek pembangunan talut yang melibatkan dua unit backhoe jadi pemicu dinding bendungan itu ambrol. Kondisi dinding retak ditambah tekanan air dan tanah yang labil, getaran dari alat berat itu kemungkinan mempercepat konstruksi dinding bendung ambrol.

Pihaknya sangat menyayangkan bendungan ini jebol. Infastruktur ini dibangun dan diwenangi Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) dan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

“Untuk ukuran bangunan sebesar itu, masa delapan tahun seharusnya masih belum waktunya rusak,” keluhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya