SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo terus menggenjot pembenahan infrastruktur di wilayah setempat pada tahun 2012. Khusus untuk perbaikan jalan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) memrogramkan perawatan rutin dan rehabilitasi sebanyak 60 ruas jalan senilai Rp47,4 miliar lebih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Achmad Hufroni, mewakili Kepala DPU Kabupaten Sukoharjo, AA Bambang Haryanto, menyebutkan pembiayaan semua kegiatan tersebut berasal dari berbagai sumber. Di antaranya yaitu dana alokasi khusus, (DAK), bantuan APBD provinsi, APBD Kabupaten Sukoharjo, dan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

“Perbaikan jalan dalam bentuk perawatan rutin dan rehab. Sejauh ini yang sudah dipastikan terdapat sebanyak 60 ruas pada tahun 2012 dengan nilai fisik program mencapai Rp47.439.625.000,” ungkapnya didampingi Kasi Perencanaan Bidang Bina Marga, Jumadi. Hufroni menjelaskan sesuai jadwal kegiatan, paket pekerjaan akan dilelangkan Februari mendatang dengan rencana pelaksanaan mulai bulan April. Terkait penyebaran proyek, Ia mengatakan lokasinya berada di semua kecamatan, namun dengan volume dan besaran biaya yang tidak sama antara satu kegiatan dan kegiatan lainnya.

Sementara Jumadi menambahkan perbaikan jalan pada tahun 2012 diprioritaskan untuk yang sudah mendesak dan jalur-jalur penting ekonomi. Ia mengatakan jika tidak ada hambatan perbaikan jalan akan berlangsung sekitar empat bulan dan sudah akan dapat diselesaikan sekitar September mendatang.

“Priroritas perbaikan di jalan-jalan yang kerusakannya sudah cukup parah sehingga mendesak untuk ditangani. Selain itu juga di jalur-jalur yang dinilai penting dalam rangka menunjang kegiatan ekonomi masyarakat Sukoharjo,” tegasnya.

Seperti tercantum pada data yang disampaikan Hufroni dan Jumadi, dari 60 paket kegiatan, terdapat delapan proyek pemeliharaan rutin yang pembiayaannya berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dan APBD 2012 Kabupaten Sukoharjo. Nilainya hampir Rp7 miliar dengan alokasi terbesar adalah ruas jalan Langkap-Tengklik senilai Rp1,1miliar.

Sedangkan untuk kegiatan rehabilitasi, beberapa proyek dengan anggaran cukup besar adalah di ruas jalan Weru-Tegalsari, yang dialokasikan Rp2,3 miliar, ruas jalan Songgorunggi-Malangsari di wilayah Kecamatan Nguter senilai Rp1,67 miliar, serta ruas Tawangsari-Bulu dan ruas Gupit-Serut, masing-masing dialokasikan Rp1,4 miliar.

Jumadi juga mengatakan dengan banyaknya kegiatan perbaikan jalan tahun 2012 diharapkan ada peningkatan kualitas jalan secara umum. Hal itu, ujarnya, sesuai dengan program kerja Bupati untuk membangun dan membenahi infrastruktur khususnya jalan.

JIBI/SOLOPOS/Triyono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya