SOLOPOS.COM - Seorang pedagang merapikan kain batik Pekalongan (JIBI/SOLOPOS/Antara/ilustrasi)

Seorang pedagang merapikan kain batik Pekalongan (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Informasi batik sangat diperlukan. Untuk itu Pemkot Pekalongan berencana membangun Pusat Informasi Budaya Batik (PIBB) 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, merencanakan pembangunan Pusat Informasi Budaya Batik (PIBB) sebagai upaya memberikan edukasi dan informasi tentang sejarah batik kepada masyarakat.

Wali Kota Pekalongan Basyir Achmad di Pekalongan, Jumat, mengatakan PIBB akan dibangun di kompleks Gedung Olah Raga (GOR) Jetayu.

“Kami akan geser keperuntukan GOR Jetayu menjadi kawasan budaya dan kesenian daerah. Melaui master plan yang dibuat Badan Pengkajian dan Penerapan Tehnologi, rencanannya GOR Jetayu akan dibuat menjadi PIBB,” katanya seperti dikutip Antara, Jumat (1/5/2015).

Ia mengatakan fungsi gedung yang akan dibangun lebih untuk pentas kesenian dan kebudayaan walaupun pada tempat tersebut akan dibangun lapangan tenis dalam ruangan.

“Kami akan memfokuskan kawasan Jalan Jatayu sebagai PIBB, apalagi di sekitar lokasi itu juga sudah ada Museum Batik Pekalongan,” katanya.

Dia menjelaskan melalui Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irwan Guswan, pemkot sudah mengajukan proposal pembangunan gedung tersebut sekitar Rp9 miliar kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada 2015, kata dia, melaui APBD, pemkot menyediakan dana sekitar Rp3 miliar untuk pembangunan tahab awal.

“Kami berharap pembangunan PIBB ini, nantinya bisa dilanjutkan oleh wali kota periode mendatang karena sebentar lagi juga akan dilaksanakan pilkada,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya