SOLOPOS.COM - Sri Sultan Hamengku Buwono X-Gubernur DIY (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Info terkini dari UGM, ACS 2016 bukan hanya sukses secara penyelenggaraannya tetapi juga menandai bangkitnya pergerakan anti korupsi di kampus

Harianjogja.com, SLEMAN-Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan Anti Corruption Summit (ACS) 2016 mengukuhkan predikat Jogja dan universitas perjuangan, memiliki komitmen memberantas tindak korupsi menuju Indonesia berintegritas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia berharap acara ACS 2016 bukan hanya sukses secara penyelenggaraannya tetapi juga menandai bangkitnya pergerakan anti korupsi di kampus.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kita harus melakukan pencegahan korupsi di sektor hulu, utamanya lewat pendidikan keluarga. Pendidikan moral itu penting dan perlu diwujudkan dalam tindakan nyata,” kata dia, Selasa (25/10/2016) di Gedung Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada.

Konsolidasi gerakan anti korupsi berbasis akademisi ini semakin bermakna, imbuh dia. Karena Wakil Presiden bersedia memberikan student lecture, dengan itu berarti memberikan kesempatan untuk melahirkan generasi anti korupsi, melalui kampus yang berintegritas.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo, di kesempatan yang sama menjelaskan, ia berharap kalau tata kelola Perguruan Tinggi (PT) lebih baik, sederhana tanpa melupakan transparansi dan akuntabilitas, maka kita membekali anak-anak kita untuk menjadi contoh dan teladan ketika mereka berkiprah di masyarakat.

Setelah aktif di KPK, lanjut Agus, ia mengetahui bahwa ada banyak hal yang perlu perbaikan, dan ini adalah fakta di lapangan. Kondisi tersebut, memerlukan peran generasi masa depan untuk merubah menjadi lebih baik.

“Tata kelola PT perlu diperbaiki, tata kelola keuangan, pengadaan yang lebih baik. Kami sudah menangani 534 perkara, 17 di antaranya melibatkan gubernur, dalam kasus pengangkatan rektor yang kurang transparan,” tutur dia, di akhir sambutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya