SOLOPOS.COM - Ilustrasi kepadatan arus lalu lintas musim mudik Lebaran. (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Info mudik 2016 yang dihimpun Kantor Berita Antara menyebutkan tersendatnya arus milir para pemudik di km 9 Batang.

Semarangpos.com, BATANG — Arus lalu lintas dari Semarang menuju Jakarta pada masa arus milir atau balik pada musim mudik Lebaran 2016, Selasa (12/7/2016), sempat tersendat di kilometer 9, jalur jalan nasional yang melintasi wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wartawan Kantor Berita Antara yang memasuki km 9 Batang pukul 10.16 WIB baru tiba di Alun-Alun Kabupaten Batang pukul 11.18 WIB. Kepala Pos Pelayanan di Pospam Alun-Alun Kabupaten Batang Iptu Marsono menjelaskan bahwa pada pukul 11.10 WIB bus yang melintasi pos tesebut nol atau tidak ada bus yang lewat dalam kurun waktu 1 menit.

“Dalam keadaan normal atau tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas, tiga sampai empat bus yang melintasi depan alun-alun setiap menitnya,” katanya.

Ia lantas menyebutkan jumlah mobil penumpang hingga pukul 11.30 WIB sebanyak 1.566 mobil, bus 102, sepeda motor 1.452, dan angkutan barang 426 truk. “Berdasarkan hitungan 10 menit, bus sebanyak 17 unit, mobil 265 unit, dan sepeda motor 242 unit,” katanya.

Sebelum sampai Batang, ribuan pemudik yang milir atau kembali ke wilayah hilir pada musim mudik Lebaran 2016 menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat, sempat tertahan di depan Pasar Mangkang Semarang karena terdapat dua kendaraan roda empat yang parkir di depan pasar tersebut.

Setelah melewati pasar, arus kendaraan yang menuju Jakarta, baik dengan pelat nomor B, BG, BE, F, D, A, maupun kendaraan berpelat asal kabupaten/kota di Jawa Tengah, seperti K, G, dan H, terlihat lancar. Namun, sebelum memasuki Kabupaten Kendal, arus lalu lintas tersendat kembali. Bahkan, ada yang memilih jalur alternatif, yakni belok kiri menuju Jalan Tentara Pelajar, Jalan Raya Tembus Patebon, hingga Cipiring, Kendal, yang di sejumlah titik terdapat jalan bergelombang, tepatnya di sekitar wilayah Tunggul Rejo, Kendal.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya