SOLOPOS.COM - Alat berat dikerahkan dalam pembangunan jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga di wilayah Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (16/6/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Info mudik kali ini datang dari PT Trans Marga Jateng yang menyiapkan jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga untuk pemudik Lebaran 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Trans Marga Jateng terus berupaya menyiapkan jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga agar dapat digunakan masyarakat pada musim mudik Lebaran 2016, khususnya saat arus kendaraan di jalur utama padat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Semula pelaksana pembangunan jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga itu sempat berkilah jalur jalan itu belum siap menyambut pemudik Lebaran 2016. Pernyataan PT Trans Marga Jateng itu demi membantah keinginan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengoperasikan untuk sementara waktu ruas jalan tol itu demi mengurangi kemacetan pada musim mudik.

Menanggapi bantahan Trans Marga Jateng atas instruksinya itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat menyatakan tidak akan memaksakan pengoperasian jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga pada musim mudik Lebaran 2016. Pada kenyataannya, Kementerian Perhubungan memastikan jalur jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga itu merupakan salah satu ruas jalan tol yang dioperasikan pada musim mudik Lebaran 2016.

Maka, tak pernah ada lagi bantahan PT Trans Marga Jateng melalui media massa yang biasanya membelanya terkait pengoperasian jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga pada musim mudik Lebaran 2016 itu. “Bawen-Salatiga masih diupayakan untuk dioperasikan saat mudik Lebaran, meskipun jalur yang dilewati tidak langsung terhubung dengan jalur tol ruas Semarang-Bawen,” kata General Manager Teknik dan Operasional PT Trans Marga Jateng Prayudi di Semarang, Senin (20/6/2016).

Ia menjelaskan, jalan tol Bawen-Salatiga yang disiapkan untuk bisa dilalui dari pemudik itu mulai kawasan Delik di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang menuju pintu keluar tol Salatiga di Kecamaran Tingkir, Kota Salatiga. Untuk dapat masuk ke jalan tol, kata dia, pengguna jalan mesti melewati jalur Tlogo, Kecamaran Tuntang menuju Delik.

“Kami beserta Dinas Pehubungan dan kepolisian telah menyiapkan rambu sementara serta direncanakan ada petugas yang berjaga di titik krusial,” ujarnya.

Menurut dia, uji kelayakan jalan tol Bawen-Salatiga tetap akan dilakukan pengujian oleh pihak kementerian dan Pemprov Jateng. “Ruas jalan itu hanya dibuka sampai pukul empat sore [pukul 16.00 WIB],” katanya.

Hal tersebut disampaikan Prayudi kepada Sekretaris Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono saat meninjau kesiapan jalan tol Semarang-Solo menjelang Hari Raya Idulfitri 2016 di Gerbang Tol Bawen. Selain kesiapan jalan tol ruas Bawen-Salatiga, PT TMJ juga terus menyelesaikan pengerjaan rest area di kawasan Penggaron.

Rencananya tempat peristirahatan bagi pengguna jalan tol itu akan mulai difungsikan pada Senin (27/6/2016). Sekda Jateng Sri Puryono meminta jajaran PT TMJ dan instansi terkait agar menyediakan rambu-rambu di ruas jalan yang akan digunakan pada musim mudik Lebaran 2016, baik kala pemudik berangkat ke kampung halaman maupun kembali ke wilayah perantauan.

“Selain itu, pelayanan di pintu tol juga mesti ditingkatkan agar tidak terjadi penumpukan antrean, termasuk keamanan juga harus ditingkatkan,” ujarnya.

Sejumlah pekerja menyelesaikan pengecoran beton jalur jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga di wilayah Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (8/6/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)


Sejumlah pekerja menyelesaikan pengecoran beton jalur jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga di wilayah Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (8/6/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya